1.383 Masyarakat Lawa dan Tikep Terima BLT

oleh -100 views
Bupati Mubar, La Ode M Rajiun Tumada bersama Wabup Mubar Achmad Lamani dan Camat Tikep Ar Rahman saat memberikan secara simbolis BLT DD kepada masyarakat Kecamatan Tikep, yang dilaksanakan di Balai Desa Wulanga Jaya, Senin (11/5/2020
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

ANOATIMES.ID, MUBAR – Sebanyak 1.383 Kepala Keluarga (KK) yang ada di Kecamatan Lawa dan Tiworo Kepulauan (Tikep) menerima Bantuan Langsung Tunau (BLT) dari Dana Desa (DD).

Dari 1.383 KK ini dengan rincian yakni Kecamatan Lawa sebanyak 716 KK dan Kecamatan Tikep sebanyak 667 KK.

Bupati Mubar, La Ode M Rajiun Tumada menjelaskan penyerahan BLT dari dana desa (DD) sesuai petunjuk teknis dar Menteri Desa, PDTT yakni memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19. Lanjut dia, bantuan ini diberikan selama tiga bulan yakni April, Mei dan Juni dengan total yang di terima sebesar Rp 1,8 juta.

“Sebelumnya kita sudah menyerahkan BLT DD ini secara simbolis di empat kecamatan. Dan hari ini, kita menyerahkan lagi di Kecamatan Lawa dan Tikep. Berikutnya kecamatan lain akan menyusul,” kata Rajiun saat ditemui usai menyerahkan secara simbolis BLT DD di Balai Desa Wulanga Jaya, Senin (11/5/2020) sore tadi.

Kata mantan Kasatpol PP ini, bukan hanya BLT dari DD ini akan diserahkan, tetapi pihaknya akan menyalurkan juga bantuan sosial dan lainnya. Lanjut dia, dirimya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baik dan dapat membantu perekonomian masyarakat akibat mewabahnya Covid-19 ini.

“Meski Mubar masih dalam kategori zona hijau. Kita (Pemkab Mubar) terus melakukan pencegahan dini dengan memperketat penjagaan di setiap perbatasan, melakukan penyemprotan disinfektan dan mencanangkan Mubar bermasker. Kita juga berharap agar masyarakat mematuhi anjuran pemerintah dan memperhatikan protokol kesehatan,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Lawa, Sitti Karimando mengungkapkan untuk wilayah Lawa sebanyak 716 KK yang menerima BLT DD ini, yang tersebar di enam (6) desa. Adapun rinciannya yakni Desa Latugho sebanyak 171 KK, Desa Watumela sebanyak 124 KK, Desa Latompe sebanyak 126 KK, Desa Madampi sebanyak 64 KK, Desa Lagadi sebanyak 111 KK, dan Desa Lalemba sebanyak 120 KK.

“Alhamdulillah kita sudah membagikan secara simbolis BLT DD ini kepada masyarakat yang mewakili masing-masing desanya. Dalam pembagian BLT ini, kita menyalurkan secara tunai dan non tunai,” jelasnya.

Kata dia, dari enam desa ini, ada dua desa yang menyalurkan BLT DD ini dengan non tunai yakni Desa Watumela dan Latompe. Sedangkan, desa yang menyakurkan BLT secara tunai yakni Desa Lalemba, Madampi, Lagadi dan Latugho.

Ditempat terpisah, Camat Tikep Ar Rahma mengatakan penyerahan BLT DD ini merupakan momentum yang sangat menggembirakan bagi masyarakat tikep. Sebab, selama mewabah pandemi Covid-19 ini, banyak masyarakat yang kehilangan mata pencaharian dan perekonomian mereka semakin menurun.

Untuk, Kecamatan Tikep ada tujuh desa yang akan menyalurkan BLT dana desa (DD) dengan jumlah 667 Kepala Keluarga (KK). Adapun rinciannya, Desa Laworo sebanyak 67 KK, Desa Wandoke sebanyak 83 KK, Desa Lasama sebanyak 82 KK, Desa Waturempe sebanyak 52 KK, Desa Wulanga Jaya sebanyak 137 KK, Desa Sido Makmur sebanyak 110 KK dan Desa Katela 136 KK.

“Dengan penyaluran BLT DD ini, kita berharap dapat meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19. Dan bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaiknya,” harapnya.

Kata dia, dalam penanganan Covid-19 ini, pihaknya sangat intens melakukan pencegahan sedini mungkin dengan melakukan penyemprotan disinfektan di rumah warga dan fasilitas umum lainnya sesuai protokol kesehatan. Untuk itu, dirinya berharap wabah Covid-19 ini segera berakhir dan masyarakat Mubar terhindar dari virus mematikan ini.

Laporan : Adi R

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •