1 Juli 2018, KPU Gelar PSU di 9 Daerah

0
815
Ketua KPU Sultra, Laode Abdul Natsir (tengah, kemeja putih) di dampingi komisioner KPU saat menggelar konfrensi pers di Aula Husni Kamil Manik, Kantor KPU Sultra. Foto : Awi / anoatimes.id

ANOATIMES.ID, KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sultra mencatat ada 9 Kabupaten yang akan melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra periode 2018-2023.

Ketua KPU Sultra, Laode Abdul Natsir mengatakan daerah yang akan melaksanakan PSU antara laian Kabupaten Konawe, Kolaka, Buton, Buton Selatan, Bombana, Kolaka Utara, Konawe Selatan, Kolaka Timur dan Kota Baubau.

“Pelaksanaan PSU akan dilakukan serentak pada 1 Juli 2018 mendatang di 37 TPS (data yang sampai sore ini masuk),” kata Laode Abdul Natsir, Jumat (29/6) saat menggelar konfrensi pers di Aula Husni Kamil Manik, Kantor KPU Sultra.

Lanjut, Bang Ojo (sapaan akrab Laode Abdul Natsir) menambahkan PSU di 9 daerah tersebut merupakan rekomendasi dari Panwascam yang menemukan sejumlah pelanggaran.

“Penyebab yang menonjol terjadinya PSU ialah pembukaan kotak yang tidak sesuai dengan prosedur, aturannya sudah jelas kotak suara tidak boleh dibuka dengan alasan apapun,” katanya.

KPU Sultra sudah menyusun juklak tentang pelaksanaan PSU, dan akan segera di kirim ke KPU Kabupaten dan Kota.

“Jumlah pemilih yang berhasil kita dapat datanya dari 37 TPS ialah 12138, itu berdasarkan DPT masing-masing TPS. Sekertaris KPU akan segera melakukan pengadaan logistik PSU,” tuturnya.

Laporan : Awi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here