101 Mahasiswa FKIP UHO Profesi Guru Disumpah

oleh

ANOATIMES.ID, KENDARI – Sebanyak 101 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendikian (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) resmi di sumpah atas Profesi Guru. Proses pengambil sumpah di lakukan di Aula FKIP UHO, Sabtu, 27 Juli 2019 lalu.

Dalam acara pengambilan sumpah profesi guru ini dihadiri oleh Dekan FKIP Dr. Jamiludin, M.Hum. Ketua Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dr. H.Jafar, M.Si Para ketua Jurusan Se-FKIP UHO. Dalam sambutannya, Dekan FKIP UHO, Dr. Jamiludin, M. Hum mengatakan pencapaian guru profesional merupakan pencapaian tertinggi, implikasi dari itu adalah berimpilkasi pada peningkatan pendapatan guru.

“Jadi guru yang telah mendapat gelar guru profesional tidak hanya mengajar, tetapi terus belajar meningkatkan keilmuannya berdasarkan disiplin ilmunya masing-masing, baik terkait dengan konteks pembelajaran maupun bidang ilmu,” jelasnya

Selanjutnya, Dr. Jamiludin menambahkan untuk menguasai dan meningkatkan keilmuan bagi seorang guru profesional dapat dilakukan dengan cara sering mengikuti kegiatan dan pertemuan para guru, setiap gajian menyimpan penghasilan untuk mengikuti seminar lokal, nasional dan bahkan internasional sesuai dengan ilmu masing-masing, memiliki buku atau bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran harus diupdet atau terbaru, mengikuti perkembangan media pembelajaran, serta lengkapi fasilitas pembelajaran misal laptop dan infokus.

Hal senada juga di ungkapkan Ketua PPG FKIP UHO Dr. H. Jafar, M.Si, Dirinanya menjelaskan pengambilan sumpah profesi guru ini merupakan pengambilan sumpah untuk tahap ke III, sedangkan tahap I pada Desember 2018 lalu dan tahap II yaitu pada Januari 2019.

“Pengambilan sumpah Profesi guru ini sebanyak 101 mahasiswa yang bersal dari lima program studi di FKIP, dan kelulusan tahap III ini sebanyak 70,5 % kelulusan, sedangkan kelulusan nasional sebanyak 48 %,” tutupnya.

Laporan : Awi