13 Kotak Suara di Bombana Rusak, KPU: Sudah Dilakukan Pergantian

oleh
Kotak suara yang rusak di Kabupaten Bombana
  • 16
    Shares

ANOATIMES.ID, KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sultra dan kabupate/kota telah melakukan distribusi kotak suara ke seluruh wilayah Sultra. Pendistribusian kotak suara hingga ke daerah-daerah terpencil yang memiliki akses tersulit.

Dalam pendistribusiannya, ada yang melalui jalur darat dan melalui jalur laut. Kondisi cuaca menjadi kendala dalam pendistribusian, akibatnya terdapat belasan kotak suara yang mengalami kerusakan, seperti di Kabupaten Bombana.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir dalam konferensi persnya di Kendari mengatakan berdasarkan data KPU Sultra jumlah kotak suara rusak di Kabupaten Bombana berjumlah 13.

“Di Bombana ada 13 kotak suara kita yang didistrubusikan ke Kabaena dengan melewati laut sempat terpapar air laut, dan beberapa diantaranya dalam keadaan basah,” ujar La Ode Abdul Natsir, Selasa (16/4/2019).

Dari kerusakan 13 Kotak suara itu, KPU segera berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk proses pergantiannya, dan saat ini kotak suara pergantiannya sudah sampai di lokasi tujuan.

“Sudah dikoordinasikan ke Bawaslu proses sudah diganti berdasarkan rekomendasi Bawaslu. Dikawal langsung oleh Komisioner, Nato Al Haq, semua sudah diganti, dan sudah sampai semuanya di tujuan,” katanya.

Laporan : Awi