Hari Pertama Sekolah, Siswa dan Orang Tua Kompak Hadir di SMAN 1 Watopute

oleh
Orang tua siswa saat mendampingi anaknya untuk mengikuti PLS

ANOATIMES,ID. MUNA – Jika hari pertama masuk sekolah tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) biasanya siswa baru hadir sendiri, karena mereka sudah remaja tanpa perlu ditemani orang tuanya.

Tetapi berbeda yang dilakukan SMAN 1 Watopute, di Kabupaten Muna. Sekolah ini mengundang orang tua murid menyaksikan anak-anak mereka masuk sekolah.

Kegiatan ini merupakan seremoni penyerahan siswa baru dari orang tua siswa ke pihak sekolah untuk mengikuti Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dimulai tanggal 15 sampai 20 Juli, Senin (15/7/2019).

Kepala Sekolah SMAN 1 Watopute Safiudin Mada mengatakan PLS sebelumnya disebut Masa Orientasi Siswa (MOS). Merupakan kegiatan tahunan sekolah menyambut kedatangan para peserta didik baru.

“Disini siswa mengenal lingkungan sekolahnya, perkenalan sesama siswa baru, kakak kelasnya maupun guru-guru,” ucapnya.

Saifudin Mada menjelaskan tahun ini PLS beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini siswa peserta PLS hari pertama diantar dengan orang tuanya atau walinya, dirangkaikan dengan seremoni penyerahan peserta didik untuk mengikuti kegiatan PLS.

“Dalam kegiatan PLS ini peserta didik dilatih ketahanan mentalnya, kedisiplinannya dan mempererat tali persaudaraan di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah,” tuturnya.

Dalam PLS kata Saifudin Mada, materi yang diberikan seperti Wawasan Wiyata Mandala, kesadaran berbangsa dan bernegara maupun tata terib disekolah, kecerdasan spiritual dan pendidikan karakter.

“Diharapkan para peserta didik pada saat mengikuti PLS mengikuti seluruh yang sudah dijadwalkan panita dan merasa nyaman berada dalam sekolah maupun dalam ruangan kelas,” harapnya.

“Kalau sudah nyaman, target yang kita harapkan selama ini peningkatan prestasi akademik maupun pembentukan karakter siswa akan tercapai,” tutupnya.

 

Laporan : Alim Mbar