ABK KM Bahtramas Simulasikan Penggunaan Pelampung

0
166
ABK KM Bahtramas saat memperagakan tata cara penggunaan pelampung keselamatan kepada para penumpang. Foto : Jovi / anoatimes.id

ANOATIMES.ID, KONKEP – Banyaknya korban dari tragedi KM Sinar Bangun dan KM Lestari beberapa waktu lalu, menjadi catatan peting bagi Syahbandar dalam menjamin keselamatan penumpang.

Salah satu point penting dari dua peristiwa tersebut ialah bagaimana Syahbandar menekankan kepada para Kapten dan ABK Kapal tentang penggunaan pelampung keselamatan yang tepat dan benar sehingga sewaktu-waktu insiden kapal tenggelam dapat diminimalisir jumlah korban jiwa.

Di Sultra, kini Syahbandar telah menggalakan simulasi tata cara pengunaan pelampung keselamatan terhadap para penumpang.

Seperti yang diberlakukan di KM Bahtramas tujuan Kota Kendari – Kabupaten Konawe Kepulauan dan sebaliknya, nampak ABK mengsimulasikan tata cara penggunaan pelampung keselamatan kepada para penumpang KM Bahtramas.

“Kita berikan simulasi ini agar penumpang yang ikut berlayar mengetahui tata cara penggunaan pelampung keselamatan,” kata Irsan, ABK KM Bahtramas, Sabtu (14/7).

Irsan menjelaskan bahwa simulasi penggunaan pelampung keselamatan kepada para penumpang akan terus dilakukan rutin di setiap kali pemberangkatan kapal, dengan tujuan ketika sewaktu-waktu terjadi insiden, penumpang dapat dengan segera menggunakan pelampung keselamatan dengan benar dan tepat sehingga dapat diminimalisir korban jiwa.

“Arahan dari Syahbandar sehingga pihaknya selalu melakukan simulasi penggunaan jaket pelampung kepada seluruh penumpang di setiap pemberangkatan,” tuturnya.

KM Bahtramas dilengkapi dengan pelampung keselamatan dengan jumlah 280 jaket pelampung dan 14 life raft berkapasitas 25 orang.

“Perpelampung jumlahnya lebih banyak dari kapasitas penumpang kapal,” ungkap Irsan.

Laporan : Jovi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here