Alasan Arhawi Mundur dari PAN

oleh -44 views
Ketua DPD PAN Kabupaten Wakatobi, Arhawi saat dijumpai dikediaman pribadinya di Kendari. Foto : Awi / anoatimes.id
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

ANOATIMES.ID, KENDARI – Usai Ketua DPD PAN Kabupaten Buton, La Bakri mengundurkan diri dari Partai Amanat Nasoinal (PAN), kini giliran Ketua DPD PAN Kabupaten Wakatobi, Arhawi yang menyatakan diri akan mundur dari partai berlambangkan matahari terbit tersebut.

Arhawi yang dijumpai anoatimes.id, Minggu (25/2/2018), di kediaman pribadinya di Kendari, mengatakan rencananya besok, Senin (26/2/2018) dirinya akan mengajukan surat pengunduran dirinya ke Kantor DPW PAN Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Rencananya besok, saya masukan ke DPW PAN Sultra, saya akan minta perwakilan saya untuk datang menyerahkannya ke DPW. Saya tidak bisa, karena sore ini juga saya harus berangkat ke Jakarta,” ujar Arhawi.

Arhawi menuturkan alasan dirinya mengundurkan diri dari partai mengantarkan dirinya menjadi orang nomor wahid di Kabupaten Wakatobi itu, dikarenakan dibawah kepemimpinan Abdurrahman Saleh (Ketua DPW PAN Sultra) dan Adriatma Dwi Putra (Sekertaris DPW PAN), PAN sudah tidak lagi menunjukan sebagai partai yang reformis, seperti yang digadang-gadang selama ini bahwa PAN lahir dari rahim reformis.

“Sudah lama saya ingin mengundurkan diri, saya tandatangan surat pengunduran diri saya sejak tanggal 21 Februari kemarin. Saya melihatnya bahwa dari beberapa proses pengambilan keputusan di tingkat DPW ini sepertinya tidak mencerminkan lagi partai yang reformis yang selama ini di degung-dengungkan bahwa partai ini lahir dari rahim reformasi,” katanya.

Arhawi membandingkan, di bawah komando Nur Alam, PAN mampu tumbuh sukses menjadi partai besar di Sultra. Di dalam pengambilan keputusan selalu mengedepankan pola organisasi, pendekatan secara kekeluargaan. Dalam pengabilan keputusan selalu melibatkan kader di tingkat Kabupaten.

“Nah hari ini berbeda sangat berbeda, katakan kita menghadapai agenda polit 2018, saya tidak tahu kalau kabupatan lain, tapi khususnya saya di Wakatobi selaku ketua DPD, sama sekali tidak pernah terkonfirmasi atau atau tidak pernah ada surat untuk menghadiri undangan di DPW membicarakan persoalan pemilihan gubernur,” tuturnya.

“Kalau Pak Nur Alam dulu, dua tahun sebelum maju sebagai gubernur, setiap saat memanggil kader partai di tiap daerah untuk membicarakan sekaligus meminta kesiapan kader tentang keinginannya maju sebaga calon gubernur. Sehingga kitapun juga di daerah sangat siap ketika ada penyampaian seperti itu, nha itu juga merupakan langkah yang sangat positif karena ketika kader di daerah dilibatkan maka memiliki tangung jawab untuk memfasilitasi calon gubernur ketika berkeinginan melakukan sosialisasi. Nha hari ini tidak ada yang seperti itu sehingga saya berfikirnya bahwa partai ini sebetulnya akan di bawa kemana ketika kepemimpinan seperti ini, langkah yang tepat sebetulnya bagaimana saya harus mengundurkan diri dari PAN,” ungkapnya.

Usai Mundur dari PAN, Apakah Arhawi Akan ke Partai Lain?

Arhawi belum berfikir akan ke partai mana setelah dirinya resmi mundur dari PAN, yang jelas saat ini dirinya ingin beristirahat dari politik dan ingin fokus dalam melaksanakan tugas menjalankan roda kepemerintahan di Wakatobi.

“Saat ini saya fokus dulu kepemerintahan,” tuturnya.

Apakah dengan Mundurnya Dirinya, Arhawi tidak akan Memenangkan Pasangan Asrun – Hugua di Wakatobi ?

Terkait momen Pemilihan Gubernur 2018 ini, yang mana PAN mengusung pasangan Asrun – Hugua, kemudian disusul dengan surat penguduran dirinya sebagai ketua DPD PAN Kabupaten Wakatobi, Arhawi mengatakan sepenuhnya menyerahkan kapada masyarakwa Wakatobi untuk memilih yang terbaik dari yang terbak.

“Semua paslon kita dukung terserah dari masyarakat dimana akan menjatuhkan pilihannya ke mana. Saya tetap konsentrasi ke pemerintah, kita harus instarahat dulu, semua paslon yang sudah ditetapan adalah teman semua, Pak Ali Mazi adalah kakanda saya, Pak Asrun juga adalah sahabat saya di partai, dan Pak Rusda juga adalah saudara saya dari Kolaka Utara,” tambahnya.

Laporan : Awi

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •