Alasan KPU Kolaka Timur Laksanakan PSU

0
1379
Ketua Panwas Kolaka Timur, Rusniyati Nur Rakibe

ANOATIMES.ID, KOLTIM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Timur, Darwis membenarkan bahwa KPU bakal melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di lima TPS yang berada di Kecamatan Lambandia dan Kecamatan Ladongi.

“Benar, atas rekomendasi Panwascam Ladongi dan Lambandia, karena ditemukan pembukaan kotak tidak dilakukan menurut tata cara yang di tetapkan. TPS 1 atula TPS 2 raraa di Kecamatan Ladongi dan TPS 1, 4 dan 5 Desa Mokupa, Kecamatan Lambandia,” ujar Darwis, Jumat (29/6) via seluler.

Sementara itu, Ketua Panwas Kabupaten Kolaka Timur, Rusniyati Nur Rakibe dalam rilisnya mengatakan rekomendasi PSU di lima TPS tersebut berdarkan hasil kajian dan penelitian dari Panwascam Kecamatan Ladongi dan Lambandia yang menemukan pembukaan kotak suara yang tidak prosedural.

Seperti Di Desa Mokupa Kecamatan Lambandia, dimana PPS Desa Mokupa, membuka kotak suara TPS 4 dan TPS 5 dengan alasan ada kesalahan posedur oleh KPPS.

“Hasil penelitian dan pemeriksaan Panwascam Lambandia, PPS mengakui membuka kotak suara dan memperbaiki dokumen yang ada dalam kotak namun tidak mengubah unsur angka yang ada di dalamnya. Sedangkan di TPS 1, KPPS tidak menyegel kotak suara yang diserahkan ke PPS dengan alasan agar mudah dilakukan perbaikan bila ada kesalahan,” ujarnya.

Rusniyati menambahkan, untuk di Kecamatan Ladongi, Panwascam menemukan membukaan kotak suara sebelum dilakukannya pleno di tinkat PPK.

“Kotak suara TPS2 raraa dan TPS 1 Atula telah dibuka oleh KPPS sebeluum pelaksanaan pleno di tingkat PPK, dan pada saat pembukaan kotak suara, tidak disaksikan saksi paslon no 1 dan 2,” ungkapnya.

Laporan : Awi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here