Ali Mazi : Tidak Ada yang Perlu Dipolemikkan

oleh
Suasana Ngopi Bareng Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra di Rumah Jabatan Gubernur, Senin (14/1). Dalam Ngopi Bareng Tidak Dihadiri Oleh Wakil gubernur, Lukman Abunawas

ANOATIMES.ID, KENDARI – Kabar miring soal keretakan dua pimpinan tertinggi di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi dan Lukman Abunawas kembali berhembus ke publik, saat Lukman Abunawas tidak menghadiri agenda Ngopi Bareng di Rumah Jabatan Gubernur, Senin (14/1). Dalam Ngopi Bareng di rumah jabatan 01 Sultra itu, dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Berbagai opini pun bermunculan di kalangan masyarakat pasca 02 Sultra tidak hadir. Merespon hal itu, Ali Mazi menegaskan tidak ada yang perlu dipolemikan.

Selama ini, dirinya dan Lukman Abunawas kerap berbagi tugas, terkadang ke duanya tidak hadir bersamaan dalam satu acara dikarenakan ada tugas yang harus dilaksanakan.

“Sebagai gubernur dan wakil gubernur kan, kita harus ada pembagian tugas pemerintahan. Pak Lukman Abunawas tidak hadir karena tugas pemerintahan yang harus ia laksanakan,” terangnya tanpa menyebut ke mana Lukman Abunawas pergi dinas luar kota.

Soal pembagian tugas dalam pemerintahan itu adalah hal wajar, tambah Ali Mazi mengatakan di tingkat Pusat juga pasti ada pembagian tugas antara pimpinan dan wakil, seperti pembagian tugas dalam mengatur negara antara Presiden dan Wakil Presiden.

“Tahun lalu saya dan seluruh gubernur se-Indonesia di undang Kemendagri. Tapi yang membuka acaranya wakil presiden Jusuf Kalla karena presiden Jokowi berhalangan hadir,” katanya mencontohkan.

Untuk itu, Ali Mazi menegaskan bahwa dirinya tidak dapat menjalankan pemerintahan hanya dengan sendiri, dirinya memerlukan bantuan dari wakilnya, Lukman Abunawas.

Laporan : Jayusman
Editor : Awi