Anoatimes.id dan AMPH Bakal Gelar Lokakarnya Pentingnya IPAL

0
532
Koordinator AMPH Sultra, Bram Barakatino

ANOATIME.ID, KENDARI – Media online anoatimes.id bersama Aliansi Masyarakat Peduli Hukum (AMPH) Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam waktu dekat ini bakal menyelenggarakan lokakarnya pentingnya sebuah Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dari sebuah bangunan, baik itu Perhotelan, Rumah Makan dan Rumah Sakit.

Pimpinan Redaksi anoatimes.id, Azwirman mengatakan lokakarnya yang akan dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pemahaman tehadap para pelaku usaha tentang pentingya sebuah IPAL dan dampak negatifnya bagi masyarakat apabila sebuah bangunan tidak memiliki IPAL.

Baca Juga : Ribuan Guru Kembali Gelar Aksi Solidaritas Kecam Kekerasan Pada Guru SMA 1

“anoatimes.id bersama AMPH saat ini sedang merampungkan beberapa persiapan pelaksanaannya. Lokakarnya ini di buat guna memberikan pemahaman terhadap para pelaku usaha tentang petingnya sebuah IPAL. Untuk waktu pelaksanaan, setelah beberapa persiapan rampung baru kami tentukan waktunya,” ujar Azwirman, Kamis (26/10/2017).

Lebih lanjut, dalam pelaksanaan lokakarnya tersebut akan melibatkan pihak-pihak yang ahli di bidangnya seperti Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Kendari, Akademi, Kepolisian dan akan ada audiens dari mahasiswa.

“BLH, akademisi, POlri dan mahasiswa akan kita libatkan. Dan juga tentu para pelaku usaha seperti Perhotelan, Rumah Makan, dan Rumah sakit yang ada di Kota Kendari,” katanya.

Kesempatan yang sama, Ketua AMPH Sultra, Bram Baraktino mengatakan pertumbuhan dunia usaha di Kota Kendari semakin meningkat ditandai dengan telah banyaknya Hotel, rumah makan dan rumah sakit yang berdiri.

Tentu itu berdampak baik di masyarakat dengan terbukanya lapangan kerja, namun selain sisi positifnya juga ada sisi negatifnya, misalnya dari bangunan hotel, rumah makan dan rumah sakit yag tengah beroperasi tidak memiliki IPAL tentu akan berakibat buruk bagi masyarakat Kota Kendari.

“Berdasarkan data yang ada di kami, masih ada beberapa hotel, rumah makan dan rumah sakit yang belum memiliki IPAL. Oleh karena itu, AMPH bersama anoatimes. id akan menggelar lokakarnya tersebut,” katanya.

“Ini juga untuk mengedukasi para pelaku usaha apa sih pentingnya IPAL dan apa dampak negatif bagi ketidak adanya IPAL,” ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam lokakarya yang nantinya akan digelar tersebut, akan mengundak para pelaku usaha di Kota Kendari.

Laporan : Rahmat R

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here