Antisipasi Pelanggaran, DPC PDIP Kendari Bekali Calegnya

0
160
Ketua DPC PDIP Kota Kendari, H Ishak Ismail. Foto : Awi anoatimes.id

ANOATIMES.ID, KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah resmi memberikan lampu hijau kepada partai politik (parpol) peserta Pemilihan legislatif (Pileg) 2019 untuk mempersilahkan para calon legislatif (caleg)-nya melakukan kampanye di masyarakat. Namun, kampanye tetap berada pada koridor aturan yang ditetapkan KPU, jika tidak ingin mendapat sanksi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Untuk mengantisipasi adanya pelanggaran, DPC PDIP Kota Kendari memberikan pembekalan kepada seluruh calegnya. Dalam pembekalan tersebut, DPC PDIP Kota Kendari mengundang KPU dan Bawaslu Kota Kendari untuk dapat menjelaskan aturan-aturan yang tidak boleh dilanggar semasa kampanye.

Baca Juga : DPC PDIP Kota Kendari Optimis Target Terpenuhi

Ketua DPC PDIP Kota Kendari, H Ishak Ismail mengatakan pembekalan ini bertujuaan untuk membekali para caleg PDIP tentang aturan-aturan yang digunakan oleh penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu Kota Kendari, yang tidak boleh dilanggar setiap peserta pileg.

Komisioner KPU Kota Kendari, Asril saat memberikan sosialisasi kepada para caleg DPC PDIP Kota Kendari di Kantor DPC PDIP Kota Kendari, Jumat (28/9) malam. Foto : Awi anoatimes.id

“Ini inisiatif kami untuk menjawab keraguan dan pertanyaan-pertanyaan caleg kami dalam memasang atribut kampanye. Saya kontak KPU dan Bawaslu dan di sahuti, hanya saja Bawaslu tiba-tiba ada rapat mendadak, semua Bawaslu se-Sultra,” kata H Ishak Ismail, Jumat (28/9) malam, di Kantor DPC PDIP Kota Kendari.

Menurut politisi nomor wahid di DPC PDIP Kota Kendari itu, masih ada beberapa hal yang para calegnya belum ketahui soal PKPU yang mengatur persoalan kampanye, sehingga untuk menghindari pelanggaran dan pemberian sanksi oleh penyelenggara pileg, DPC PDIP Kota Kendari mengundang KPU dan Bawaslu untuk mensosialisasikan aturannya.

“Sangat efektif sekali, karena tadi ada dialog, hal-hal yang belum jelas, bisa dijelaskan hari ini,” tutunya.

“Misalnya, saat ini masih banyak atribut kampanye yang terpasang di tempat umum. Yaa kalau bisa jangan sampai kena suprite atau penalti (dari Bawaslu dan KPU),” harapnya.

Pantauan anoatimes.id, KPU Kota Kendari yang diwakili komisionernya, Asril saat memberikan sosilisasi mendapat banyak pertanyaan dari para caleg DPC PDIP Kota Kendari.

Laporan : Awi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here