Awas! Gelombang di Wakatobi dan Laut Banda Capai 2,5 meter

0
68
Efek gelombang tinggi laut di perairan Sultra dan sekitarnya. Nelayan di Kendari memilih memarkir kapalnya di teluk Kendari. Foto : Jayusman / anoatimes.id

ANOATIMES.ID, KENDARI – Dua titik wilayah perairan di Sulawesi Tenggara (Sultra) berpotensi gelombang tinggi dari tanggal 3 sampai 4 Juni 2018, yaitu perairan wilayah kepulauan Wakatobi dan laut Banda timur Sultra.

“Berdasarkan data BMKG Kendari, kami perhatikan data gelombang laut yang tinggi secara signifikan berada di perairan kepulauan Wakatobi dan laut Banda timur Sultra tinggi gelombang laut mencapai 1,5 sampai 2,5 meter,” ungkap Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kendari, Addi Setiadi, di ruang kerjanya, Senin (4/6).

Addi mengatakan, peringatan dini potensi tingginya gelombang laut mencapai 2,5 meter ini. Pihaknya sudah mengiformasikan pada Kantor Syahbandar, pelabuhan, perusahaan angkutan laut, dan utamanya nelayan jangan mencoba melaut melalui dua wilayah perairan yang ia sebutkan tadi.

Selain dua perairan itu, Addi menyebutkan wilayah perairan berpotensi mengalami gelombang tinggi, yaitu Bau bau, Manui-Kendari, Teluk Tolo, Kepulauan Banggai, dan Kepulauan Sula.

“Prakiraan tinggi gelombang laut 0,1 sampai 1,25 meter,” ujarnya.

Walaupun tinggi gelombang laut di lima wilayah perairan ini tidak seperti kepulauan Wakatobi dan laut Banda timur Sultra. Pihaknya tetap memperingatkan kapal laut yang melewatinya tetap berhati-hati.

“Bulan Mei, Juni sampai Juli perairan di wilayah Sultra dan sekitarnya diperkirakan masih berpotensi mengalami perubahan gelombang laut,” imbuhnya.

Laporan : Man

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here