Bahas Hukum Lingkungan Internasional, Unsultra Hadirkan Wakil Ketua KPK

oleh
Rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) Prof Andi Bahrun bersama Wakil Pimpinan KPK, Laode Muhammad Syarif

ANOATIMES.ID, KENDARI – Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) punya ketertarikan pada ilmu hukum lingkungan internasional. Untuk menambah wawasan mahasiswanya, Unsultra menghadirkan Wakil Ketua KPK RI Dr. La Ode Muhammad Syarif.

Dalam kegiatan kuliah umum yang bertempat di salah satu hotel di kota Kendari, Senin (24/6/2019), La Ode Muhammad Syarif mengatakan semua kegiatan ekonomi seperti pertambangan pasti ada dampak lingkungannya.

Dikatakannya kegiatan penambangan harus dilakukan dengan baik, yakni bagaimana caranya ketika lokasi tambang habis digali maka harus dikembalikan kondisinya.

“Jika tidak dilakukan dengan baik maka bisa berpotensi merusak lingkungan,” ucapnya.

Menurut La Ode Muhammad Syarif, ilmu hukum lingkungan internasional perlu ada di fakultas hukum di kampus-kampus di Sultra untuk mengkaji pelanggaran hukum lingkungan.

“Jangan mengharapkan ahli hukum lingkungan dari UGM (Universitas Gajah Mada) datang di Sultra. Kita butuh orang Sultra yang ahli hukum lingkungan yang nantinya bisa bantu aparat hukum dan pemda,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Rektor Unsultra Prof. Andi Bahrun menjelaskan kedatangan La Ode Muhammad Syarif memberikan kuliah umum dapat mengoptimalkan proses pembelajaran para mahasiswa magister hukum Unsultra.

“Kita undang La Ode Syarif disini kapasitasnya sebagai pakar hukum lingkungan internasional. Harapannya, mahasiswa yang mengikuti kuliah umum semoga jadi spirit motivasi untuk terus menambah pengetahuan mereka di bidang hukum,” katanya.

Laporan : Jayusman