Bawaslu Sultra Catat ASN Kolaka Dominasi Pelanggaran Pilkada

oleh -124 views
Diagram data pelanggaran ASN per Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) per 9 April 2018, total angka pelanggaran mencapai 204. Tertinggi Kabupaten Kolaka dengan jumlah 43. Foto : Bawaslu Sultra for anoatimes.id

ANOATIMES.ID, KENDARI – Terhitung pada 9 April 2018 ini, Badan Pegawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat angka pelanggaran yang dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 di Sultra mencapai 204.

Kabupaten Kolaka tercatat sebagai Kabupaten dengan angka tertinggi pada Pelanggaran Pilkada yakni 43, di susul dari Kabupaten Baubau 35, dan Kabupaten Konawe 33.

Sedangkan yang terendah pelanggaran ASN nya berada di Kabupaten Buton Selatan dan Konawe Utara dengan jumlah 1.

Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu mengatakan dari angka 204 itu sudah 96 persen yang telah direkomendasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Ada satu dua kasus yang masih dalam proses penanganan, selainnya sudah direkom dan sebagian juga sudah keluar surat perintah pemberian sanksi dari KASN,” ujar Hamiruddin Udu, Rabu (11/4).

Lebih lanjut, Hamiruddin Udu menjelaskan dengan melihat angka pelanggaran ASN yang mencapai 204 tersebut menggambarkan tren pelanggaran oleh ASN semakin meningkat. Hal ini mungkin disebabkan karena lemahnya sanksi KASN dan besarnya potensi reward untuk dipromosikan karirnya bila pasangan calon (paslon) yang didukungnya menang.

“Di satu sisi, hal tersebut menggambarkan pula masih rendahnya kepatuhan terhadap negara. ASN semestinya menjadi contoh kepatuhan hukum masyarakat kepada negara,” katanya.

“Untuk itu, kami berharap kepada semua ASN untuk memberi contoh yang baik kepada seluruh masyarakat yang ada di sekitarnya,” harap orang nomor wahid di jajaran Bawaslu Sultra ini.

Laporan : Awi