Bawaslu Temukan APK Terpasang di Kendaraan Umum

oleh -43 views
Komisioner Bawaslu Sultra, Munsir Salam

ANOATIMES.ID, KENDARI – Saat ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sultra telah menemukan dugaan pelanggaran kampanye dari para Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang di pasang di kendaraan umum. Saat ini, dugaan pelanggaran tersebut sementara dilaporkan Bawaslu ke KPU.

“Penertiban Alat Peraga Kampanye di angkutan umum, bawaslu tidak bisa turun langsung. Pelanggaran itu terlebih dahulu disampaikan ke KPU,” kata anggota Bawaslu Sultra, Munsir Salam, Sabtu (26/1), usai kegiatan sosialisasi Bawaslu Sultra di salah satu hotel di kota Kendari.

Baca Juga : Bawaslu Sultra: Banyak Pemilih Pemula Tidak Mengenal Caleg Pemilu 2019

Mengapa mesti melapor dulu ke KPU? Munsir Salam mengatakan KPU nantinya yang akan menyampaikan pelanggaran pemasangan APK di angkutan umum pada partai politik (parpol) peserta pemilu.

“Namun jika pelanggaran itu tidak diindahkan 1×24 jam. Bawaslu berkoordinasi kembali dengan KPU serta pihak terkait seperti Organisasi Angkutan Darat (organda), Dinas Perhubungan (dishub), Satpol-PP dan kepolisian untuk melakukan penertiban,” tuturnya.

Sampai saat ini kata Munsir Salam, Bawaslu sudah melihat, mencatat dan mengindentifikasi gambar-gambar calon anggota legislatif (caleg) peserta pemilu 2019 yang ditempel di kendaraan umum.

“Tapi ya itu lagi, temuan bawaslu ini kita laporkan terlebih dahulu pada KPU,” tukasnya.

Laporan : Jayusman