Begini Cara ‘Unik’ Anggota Polres Wakatobi Menjaga Kamtibmas

0
207
Brigadir Amiruddin saat menghibur masyarakat dengan gitar dan nyanyianya. Foto : Syaiful

ANOATIMES.ID, WAKATOBI – Satuan Samapta Sabhara Polisi Resort (Polres) Wakatobi punya cara unik memberikan imbauan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Wakatobi.

Jika pada umumnya Sat Sabhara sering dikenal berpratoli menjaga kamtibmas. Kini dalam patroli Sat Sabhara yang dipimpin Aipda Asbar, justru memberikan kenyamanan dan menyatu bersama masyarakat dengan bermain gitar diiringi suara merdu anggotanya bernama Brigadir Amiruddin, S.Ak.

“Musik pada umumnya memiliki peran penting dalam masyarakat Wakatobi, menjadi hal yang indah untuk didengarkan, dapat mengubah sikap kita soal hal-hal penting, seperti keberagaman,” kata Asbar disela kegiatan patroli uniknya di Kelurahan Mandati II, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Sabtu, (24/11).

Baca Juga : Cegah Hoax Dalam Pilkada, Polres dan KPU Wakatobi Deklarasi Anti Hoax

Menurut Asbar, masyarakat pada umumnya sering mempersepsikan polisi adalah aparat yang sering menangkap penjahat. Namun kini, patroli polisi di Wakatobi ingin merubah paradigma itu. Polisi juga bisa menghibur masyarakat dengan gitar pinjaman milik masyarakat.

Patroli musik ini dilakukan karena mayoritas watak masyarakat pesisir yang cinta musik. Sehingga ia menganggap langkah ini akan lebih efektif mendekatkan hati masyarakat dengan polisi.

“Jika keberadaan polisi dianggap menghibur hati masyarakat Wakatobi maka hubungan emosional lebih terjalin, keterbukaan informasipun semakin luas demi kepentingan keamanan” tutup Asbar.

Laporan : Syaiful
Editor : Jayusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here