Begini Komitmen UHO Cegah Peredaran Narkoba

oleh

ANOATIMES.ID, KENDARI РPeredaran narkoba tidak mengenal tempat, bahkan lingkungan perguruan tinggi bisa dimasuki barang haram tersebut. Untuk itu Universitas Halu Oleo bertekad akan mencegah beredarnya narkoba di kampus.

Ditemui usai kegiatan sosialisasi BNN Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di salah satu hotel di Kota Kendari, Kamis (20/6/2019), Rektor UHO Prof. Muhammad Zamrun mengatakan akan membuat statuta atau anggaran dasar dalam internal kampus UHO salah satunya pencegahan penyalahgunaan narkoba.

“Statuta ini sampai di level kepala laboratorium harus bebas dari narkoba dan zat adiktif lainnya. Sebelum dilantik, mereka harus punya surat keterangan bebas narkoba,” katanya.

Prof Muhammad Zamrun menjelaskan statuta ini merupakan turunan dari peraturan menteri (Permen). Cuma kata dia statuta UHO belum selesai karena lagi menunggu penetapan dari Kementerian Hukum dan HAM.

Sedangkan untuk mahasiswa, Prof Muhammad Zamrun mengatakan UHO akan bekerja sama dengan BNNP Sultra untuk tes bebas narkoba.

“Nanti saat penerimaan mahasiswa baru kan ada pemeriksaan kesehatan kita akan sisipkan di situ (tes bebas narkoba). Mungkin tahun ini belumlah nanti tahun depan,” tukasnya.

Laporan : Jayusman