Berantas DBD, Pemerintah dan Perguruan Tinggi Se-Kota Kendari Gelar Rapat Koordinasi

oleh
Rapat Koordinasi Pemerintah dan sejumlah Perguruan Tinggi se-Kota Kendari. Foto : Awi/anoatimes.id
  • 1
    Share

ANOATIMES.ID, KENDARI – Di musim penghujan kerap muncul penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Untuk itu, perlu adanya pencegahan dan pengatasian munculnya serta berkembang biaknya bibit penyakit DBD di Sultra, khususnya di Kota Kendari.

Menyadari akan hal itu, pemerintah dan sejumlah Perguruan Tinggi di Kota Kendari mengadakan Rapat Koordinasi. Rapat Koordinasi dilaksanakan di Poltekkes Kemenkes Kendari, Selasa (19/3/2019), dan diikuti oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, dan sejumlah perguruan tinggi di Kendari.

Dalam rapat koordinasi tersebut membahas pemasangan 10.000 ovitrap/larvitrap bersama masyarakat dengan tujuan mencegah penyebaran DBD, serta mendukung Gerakan Serentak Berantas Vektor DBD.

Inisiator Rapat Koordinasi, Asrun Salam kepada awak media mengatakan hasil Rapat Koordinasi yang telah dilaksanakan, tim terpadu ini sudah siap untuk turun ke masyarakat memasang dan mensosialisasikan Ovitrap dan Larvitrap di lingkungan atau titik yang sudah di petakan di seluruh wilayah Kota Kendari.

“Masing-masing sudah dibagi wailayahnya, dan masing-masing bertanggung jawab melakukan pemasangan dan sosialisasi ke masyarakat. Ini merupakan langkah pertama di Sultra, untuk itu ke depan akan ada evaluasi program ini,” tuturnya.

Sejauh ini, kata Asrun Salam, segala persiapan sudah tuntas, tinggal menunggu kesiapan dari Mentri Kesehatan untuk melaunching gerakan ini. Harapan kedepan, dengan adanya gerakan ini dapat menurunkan angka populasi nyamuk DBD di Ibu Kota Provinsi Sultra ini.

“Semua sudah siap, tinggal tunggu kabar dari Kementrian apakah Mentri Kesehatan yang akan launching atau bukan, jika tidak Pak Walikota juga bisa. Harapan kami kita bisa turunkan angka populasi nyamuk,” tuturnya.

Laporan : Awi