Bercermin Tsunami di Palu, Pemda Konkep Pertimbangkan Pengadaan Alat Pendeteksi Tsunami

0
717
Bupati Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Amrullah. Foto : Awi anoatimes.id

ANOATIMES.ID, KENDARI – Infrastruktur Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) nyaris rata tak bersisa akibat di luluh lantahkan derasnya tsunami. Selain infrastruktur, ribuan masyarakat meninggal dunia dan ratusan masyarakat luka-luka, juga sampai saat ini masih ada para korban yang belum diketemukan.

Bercermin dari kejadian tersebut, Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mempertimbangkan mengadakan alat pendeteksi tsunami.

Baca Juga : Kembali Didemo Warganya, Sikap Bupati Konkep Soal Tambang Masih ‘Abu-abu’

“Kedepan kita akan pertimbangkan pengadaaan alat pendeteksi tsunami,” ujar Bupati Konkep, Amrullah saat ditemui, Kamis (4/10) usai menghadiri pemaparan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, Ali Mazi – Lukman Abunawas di salah satu hotel di Kendari.

Menurut, Amrullah pengadaan alat pendeteksi tsunami merupakan program pemerintah pusat untuk beberapa daerah yang daerahnya dekat dengan lautan. Sehingga sampai saat ini, pemerintah konkep belum melakukan pengusulan pengadaan alat tersebut.

“Belum ada, itu dari nasional, Pemda belum usulkan,” kata Amrullah.

Lanjut, dirinya meminta kepada seluruh masyarakat untuk dapat tetap tenang ketika ada gempa. Sebab belum tentu setiap gempa bakal menimbulkan tsunami.

“Kita mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dalam kondisi gempa. Alat pendeteksi gempa kan sudah ada,” tuturnya.

Laporan : Awi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here