Buka Pelatihan Manajemen Homestay, Wabup Mubar Ajak Masyarakat Kembangkan Pontensi Wisata Kearifan Lokal

oleh
Homestay - Wakil Bupati Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) Achmad Lamani mengajak masyarakat untuk mengembangkan potensi wisata kearifan lokal. Hal itu diungkapkannya saat meresmikan pelatihan manajemen Homestay di Youmee Coffe, Sabtu (4/5/2019).


ANOATIMES.ID, MUBAR – Wakil Bupati Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) Achmad Lamani mengajak masyarakat untuk mengembangkan potensi wisata kearifan lokal. Hal itu diungkapkannya saat meresmikan pelatihan manajemen Homestay di Youmee Coffe, Sabtu (4/5/2019).

Kata Ahmad Lamani, dalam visi dan misinya bersama Bupati Mubar La Ode M Rajiun Tumada, wisata merupakan suatu perhatian khusus dalam mengembangkan seluruh potensi wisata yang ada didaerahnya. Untuk itu, dirinya menegaskan kepad Disparbud Mubar untuk benar-benar mengembangkan potensi wisata yang berbasis kepada kearifan lokal.

“Ini sangat penting. Saya mengajak Disparbud dan seluruh masyarakat Mubar untuk bersama-sama mengembangkan seluruh potensi wisata yang ada dengan berbasis kearifan lokal,” kata mantan Sekda Mubar ini.

Menurutnya, pengembangan wisata berbasis kearifan lokal sangat perlu dikembangkan. Selain itu juga, harus menghormati adat istiadat budaya agar nantinya para wisatawan yang berkunjung di Mubar dapat menghormati kearifan lokal di daerah ini.

“Beberapa hari yang lalu, saya berkunjung di daerah Wakatobi. Di sana saya lihat destinasi wisata sangat berkembang sekali dan bahkan menjadi salah satu destinasi wisata yang tergolong hebat di Indonesia ini. Padahal kalau saya liat destinasi di sana dengan di Mubar sama saja, di sana ada kepulauan dan kita juga punya banyak kepulauan,” tuturnya.

Achmad Lamani mengatakan, di Mubar ini memiliki 36 enam pulau yang tersebar dan sangat indah sekali yang ada di Selat Tiworo. Lanjut dia, semua itu menjadi kebanggaan Mubar dan dapat dikembangkan itu sangat luar biasa sekali.

“Olehnya itu, saya menekankan kepada seluruh perangkat Disparbud untuk bersama-sama belajar dan bagaimana kita mengembangkan potensi wisata yang ada di Mubar ini. Yang harus kita kembangkan dulu sumber daya manusia dulu dengan mendukung pariwisata untuk menyiapkan homestay,” ungkapnya.

“Homestay ini tidak akan berarti apa-apa kalau hanya obyektifnya saja kita perbaiki, tetapi juga bagaimana kesiapan masyarakat kita harus siapkan dengan sebaik-baiknya. Karena segala sesuatunya kembali bagaimana dengan pelayanan kepada wisatawan yang masuk ke Mubar ini merasa aman dan nyaman,” tambahnya.

Kata dia, di Mubar sini banyak sekali memiliki wisata budaya dan alam seperti di permandian Wakante, wisata bahari seperti Pulau Indo, Pantai Pajala, Perkelaihan Kuda, Benteng Tiworo dan masih banyak lagi. Untuk itu, dirinya berharap agar seluruh potensi wisata yang ada di Mubar dapat dikembangkan sebaik-baiknya agar menjadi tempat wisata kebanggaan seluruh masyarakat.

 

Laporan : Kardono