Cegah Penyebaran Covid-19, Pemdes Mekar Jaya Lakukan Penyemprotan Disinfektan

oleh -121 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

ANOATIMES.ID, MUBAR – Bersama Polsek Tiworo Tengah, Pemerintah Desa (Pemdes) Mekar Jaya, Kecamatan Tiworo Tengah mendirikan posko terpadu dan melakukan penyemprotan disinfektan kepada masyarakat yang melintas di desa tersebut. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Kepala Desa Mekar Jaya, La Ode Safari menjelaskan pendirian posko terpadu ini merupakan intruksi dari bapak Bupati Mubar, La Ode M Rajiun Tumada. Lanjut dia, posko terpadu ini didirikan untuk memantau setiap masyarakat baik dari luar daerah maupun di dalam daerah untuk dilakukan pendataan, agar dapat mencegah penyebaran pandemi Covid-19 ini.

“Jadi hari ini, kita melakukan blokade kepada masyarakat yang melintasi Desa Mekar Jaya ini. Bersama Polsek Tiworo Tengan, kita (Pemdes Mekar Jaya) melakukan penyemprotan kepada masyarakat yang melintasi desa ini. Posko terpadu ini, juga didirikan untuk memantau masyarakat sekitar yang dari luar daerah,” kata La Ode Safari saat ditemui di posko terpadu Desa Mekar Jaya, Selasa (14/4/2020).

Lebih lanjut, kata Safari, selain memblokade jalan dengan melakukan penyemprotan disinfektan, pihaknya juga genjar melakukan penyemprotan disinfektan sebanyak dua kali dalam seminggu di rumah warga, masjid, pasar dan di setiap lorong di desa ini. Lanjut dia, kegiatan penyemprotan disinfektan merupakan kegiatan yang ketiga kalinya selama dikeluarkan intruksi dari Pemkab Mubar.

Kata dia, selama melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19, pihaknya selalu bersama Puskesmas dan Polsek Tiworo Tengah dalam memberikan pemahaman kepada masyakat terkait wadah virus yang mematikan ini. “Kita (Pemdes) sangat berterima kasih kepada pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Tiworo Tengah yang selalu mendampingi dalam melakukan sosialisasi dan pemahaman terkait pandemi Covid-19 ini. Insyaallah kedepan kita akan melakukan pembagian masker gratis kepada masyarakat setempat,” tuturnya.

Dia menambahkan, terkait pengawasan Pemdes Mekar Jaya terhadap masyarakat yang baru datang dari luar daerah, pihaknya intens melakukan pendataan dan mengunjungi rumahnya masing-masing. Lanjut dia, usai melakukan pendataan kepada masyarakat, dirinya langsung melaporkan kepada pihak puskesmas setempat untuk melakukan pemeriksaan medis kepada masyarakat tersebut.

“Sejauh ini, berdasarkan data yang kita peroleh ada sekitar 20 masyarakat Desa Mekar Jaya yang mempunyai riwayat dari luar daerah yakni dari Kendari, Jawa, dan Jogya. Kita terus melakukan pemantauan dan melakukan karantina di rumah selama 14 hari kepada masyarakat tersebut,” jelasnya.

Dalam pencegahan penyebaran Covid -19 ini, masyarakat Desa Mekar Jaya sangat antusias dengan melakukan pembersihan lingkungan dan lainnya. Untuk itu, dirinya berharap di Mubar khususnya Desa Mekar Jaya terhindar dari virus yang mematikan ini.

Sementara itu, Kapolsek Tiworo Tengah, Ipda Rahmat Basuki sangat mengapresiasi tindakan yang dilakukan Pemdes Mekar Jaya dalam penanganan Covid-19 ini. Menurutnya, dalam pencegahaan penyebaran Covid-19 ini, diharapkan peran serta masyarakat di seluruh desa yang ada di Mubar ini.

“Jadi hari ini, kita (Polisi) bersama Pemdes Mekar Jaya melakukan penyemprotan cairan disinfektan bagi masyarakat yang dari luar maupun dari dalam kabupaten. Selain itu, kita juga melakukan penyemprotan di jalan poros desa ini, di rumah warga dan tempat fasilitas umum lainnya,” ungkapnya.

Kata dia, dalam memutuskan mata rantai Covid-19 ini, diharapkan sinergritas Pemdes dengan kepolisian. Sebab, sesuai dengan maklumat Kapolri dan himbauan pemerintah terkait pencegahan virus corona ini, agar virus ini cepat teratasi dan dinyatakan bebas dari virus tersebut.

Laporan : Adi R

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •