Delapan Perusahaan Pertambangan di Hearing DPRD Provinsi Sultra

oleh -155 views
Suasana Hearing DPRD Provinsi Sultra tehadap delapan perusahaan pertambangan di dua kabupaten yakni Konawe dan Konawe Utara. Foto : Awi / anoatimes.id

ANOATIMES.ID, KENDARI – Sebanyak delapan perusahaan pertambangan yang beroperasi di dua Kabupaten yakni Konawe dan Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), hari ini, Senin (30/4) di hearing oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Delapan perusahaan pertambangan tersebut ialah :

1) PT Virtue Dragon Nikel Industry
2) PT Karya Murni Sejati
3) PT Hafar Indotech
4) PT Mughni Energi Perkasa
5) PT Sangia Perkasa Raya
6) PT Sriwijaya Raya
7) PT Bososi Pratama
8) PT Dwimitra Multi Guna Sejahtra

Ketua Komisi III DPRD Sultra, Sukarman AK mengatakan hearing ini menindak lanjuti aspirasi dari beberapa elemen masyarakat / forum pemerhati tambang tentang aktivitas pengelolaan pertambangan.

“Terkait aktivitas pertambangan,” katanya.

Pantauan anoatimes.id, beberapa perwakilan elemen masyarakat menyuarakan persoalan Tenaga Kerja Asing (TKA), Izin Usaha Pertambangan (IUP), Analisis Dampak Lingkungan (Amdal), dugaan pencemaran lingkungan dan kompensasi terhadap masyarakat.

Sampai saat ini, hearing yang juga di hadiri oleh seluruh ketua komisi DPRD Sultra, Dinas ESDM Provinsi Sultra, Dinas Ketenaga Kerjaan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sultra, dan Polda Sultra masih berlangsung.

Laporan : Awi