Desa Lakawoghe Wakili Mubar pada Penilaian Lomba 10 Program PKK Tingkat Provinsi Sultra

oleh
Lomba PKK - Sekda Mubar, LM Husein Tali bersama Ketua Tim PKK Mubar Hj Herlina Susilawati Madek Rajiun saat menerima kedatangan Tim Penilai Lomba 10 program PKK di Desa Lakawoghe, Kecamatan Kusambi, Kamis (11/7/2019).

ANOATIMES.ID, MUBAR – Desa Lakawoghe, Kecamatan Kusambi, mewakili Kabupaten Muna Barat (Mubar) pada penilaian lomba 10 program PKK tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada tahun 2019, yang dilaksanakan di Desa Lakawoghe, Kamis (11/7/2019).

Sekretaris Daerah (Sekda) LM Husein Tali bersama dengan Ketua PKK Mubar Hj Herlina Susilawati Madek Rajiun dan seluruh OPD menerima secara langsung kedatangan Tim Penilai Lomba 10 Program Pokok PKK tingkat Sultra di Desa Lakawoghe.

Sekda Mubar, LM Husein Tali menyampaikan bahwa Pemda Mubar mendukung penuh seluruh kegaiatan PKK mulai dari desa, kecamatan dan kabupaten. Lanjut dia, pada lomba ini merupakan motivasi dan alat ukur dari pembangunan di suatu wilayah.

“Hari ini adalah penilaian, jadi PKK desa Lakawoghe harus siap menerima hasil penilaiannya. Lomba adalah bukan suatu tujuan, tetapi rutintas yang harus di apresiasi,” kata LM Husein Tali dalam sambutannya.

Dia berharap dalam penilaian ini, minimal satu di antara beberapa jenis kegiatan yang diikuti, Mubar dapat meraih juara dan mewakili Sultra di tingkat nasional. Untuk itu, pihaknya memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap kinerja TP PKK Kabupaten Muna Barat.

Ketua TP PKK Mubar, Hj Herlina Susilawati Madek Rajiun mengatakan dalam penilaian lomba ini, pihaknya sudah sangat siap. Terbukti dengan administrasi kerja PKK sudah didokumentasi dengan baik dan lainnya sudah berjalan dengan tertib.

“Semoga dengan penilaian lomba 10 program PKK tingkat Sultra ini, kita bisa menjadi juara lagi seperti tahun yang lalu,,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba, Siti Leomo Bahrun mengungkapkan Mubar adalah kabupaten kedua yang dikunjungi bersama tim penilai lainnya. Tak lupa juga, dirinya menyampaikan salam dari Ketua PKK Sultra Agista kepada seluruh masyarakat dan PKK Mubar.

Kata Leomo Bahrun, mungkin masyarakat sudah merasa bosan dengan penilaian ini, tetapi penilaian ini bertujuan bahwa 10 program PKK ini bisa diterapkan di masyarakta agar masyarakat bisa hidup sejahtera.

“Kita ketahui bersama tahun lalu Mubar mendapat juara satu dalam pemanfaatan pekarangan di Desa Ondoke Kecamatan Sawerigadi. Jadi melalui PKK ini dapat mempercepat laju pembangunan di daerah,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, dalam penilaian ini pihaknya bukan hanya menilai administrasi tetapi juga bagaimana di lapangan. Lanjut dia, untuk jenis lomba yang dinilai ada lima yakni tertib administrasi PKK, pola asuh anak dan remaja, pelaksana terbaik UP2K PKK, pemanfaatan pekarangan atau hatinya PKK, dan pencegahan kanker leher rahim melalui IVA test.

“Jadi lima jenis lomba ini yang akan kami nilai. Dari 17 kabupaten/kota di Sultra, kita akan mencari yang terbaik karena yang terbaik itu akan mewakili Sultra di tingkat nasional,” jelasnya.

Dalam penilaian lomba 10 program PKK di Desa Lakawoghe dihadiri tujuh penilai dari tingkat Provinsi Sultra diantaranya Siti Leomo Bahrun, Saila, Ria Lestari Sitompul, Devi Yunari Ashadi, Hj Dwiyati Retno Aminuddin, Hj Nurlita Irawan Laliasa, dan Oni Idrus.

Laporan : Dery