Desa Watuondo Wakili Kabupaten Konkep pada Lomba 10 Program PKK Tingkat Sultra

oleh
Ketua Tim Penilai dari Provinsi, Dr. Sitti Leomo Bahrum M.Si di dampingi Bupati Kabupaten Konkep, Ir Amrullah saat melakukan penilaian pada Perlombaan 10 Program PKK tingkat Provinsi Sultra. Foto : Jovi / anoatimes.id

ANOATIMES.ID, KONKEP – Pada perlombaan 10 Program PKK tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) ikut serta. Konkep diwakili oleh Desa Watuondo. Desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Wawonii Timur ini termasuk desa yang terisolir di Pulau Kelapa itu. Namun, dari Pemerintah Kabupaten Konkep dipilih untuk untuk mewakili Konkep.

Bupati Konkep, Ir Amrullah mengatakan dengan dipilihanya Desa Watuondo untuk mewakili Kabupaten Konkep, dirinya berharap dapat memacu semangat masyarakat dalam membangun Desa Watuondo, sehingga Desa Watuondo dapat sama dengan desa – desa lainnya di Konkep.

“Harapan saya kegiatan ini membawa berkah, dan paling utama kami (Pemerintah Konkep) berharap upaya pemerintah ini dan masyarakat dapat memberikan hasil yang maksimal, dengan meraih juara pertama,” ujar Amrullah, Senin (29/7/2019).

Sementara itu, Ketua Tim Penilai dari Provinsi, Dr. Sitti Leomo Bahrum M.Si mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Konkep karena telah mampu menciptkan desa yang baik. “Aksesibilitas untuk mencapai desa sudah sangat baik,” katanya.

Dalam penilaiannya, lanjut dr Sitti Leomo Bahrum menjelaskan tim penilai akan menilai beberapa komponen seperti komponen inputnya antara lain : seberapa besar dukungan pemerintah, baik berupa kebijakan maupun dana, tertip administrasi PPK. Komponen outputnya antara lain : tidak ada perkelahian remaja, tidak ada Kekerasan Dalam rumah Tangga (KDRT), dan pemanfaatan pekarangan meliputi ada toga, dan cadangan pangan keluarga.

“Inovasi masyarakat. Bagi kami dalam melakukan penilaian, akan memposisikan sama semua kabupaten. Yang menentukan juara atau tidaknya ialah dari inovasi masyarakat masing – masing daerah bersama pemerintahnya” ungkapnya.

Dalam penilaian Desa Watuondo, hadir pula Ketua PPK Kabupaten Konkep Dra Hj. Nurul Hidayati, Sekretaris Daerah, Ir H. Cecep Trisnajayadi MM, dan beberapa Kepala OPD lingkup Konkep.

Laporan : Jovi