Dewan Sultra Segera Usulkan Raperda Perlindungan Guru

0
349
Hearing PGRI Sultra dan Anggota DPRD Sultra soal kekerasan Guru SMAN 1 Kendari. (Foto : Rahmat R/anoatimes.if)

ANOATIMES.ID, KENDARI – Penganiayaan Guru SMAN 1 Kendari, Hayari menjadi trauma tersendiri bagi seluruh guru yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pasalnya, dalam seminggu terakhir ini semua guru yang ada di Sultra selalu menyerukan solidaritas atas kasus kekerasan yang dilakukan oleh seorang siswa bersama orang tuanya terhadap guru bernama Hayari tersebut.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sultra, Abdul Halim Momo mengatakan kejadian yang menimpa Hayari biarkan menjadi kasus kekerasan guru terakhir di Sultra.

“Kita sangat sesalkan kejadian ini, tidak hanya saudara kita Hayari yang terluka tetapi semua guru ikut ternodai dalam kejadian ini,” katanya saat berorasi di Eks MTQ Kendari, Kamis (26/10/2017).

Untuk menindaklanjuti kasus tersebut juga, pihaknya meminta adanya regulasi yang mengatur tentang perlindungan guru kepada pihak DPRD Sultra.

“Kami tidak ingin kejadian ini terulang lagi. Maka dari itu kami minta anggota DPRD ada mengusulkan ke pusat tentang adanya UU Perlindungan terhadap guru,” ucapnya saat hearing di gedung DPRD Sultra.

Sementara itu, Sekretaris Komisi I DPRD Sultra, Suwandi Andi, mengukapkan akan segera menindaklanjuti permintaan tentang regulasi perlindungan guru tersebut.

“Kita akan usulkan secepatnya Raperda Perlindungan guru ini ya, kebetulan kita sedang membahas prolegda 2018 di akhir tahun ini,” kata Suwandi usai menerima para guru yang berunjuk rasa.

Menurutnya, acuan perancangan raperda tersebut adalah Permendikbud no 10 tahun 2017 tentang perlindungan bagi guru, bisa dijadikan legal standing raperda pelindungan guru dan tenaga guru di Sultra.

“Ini akan menjadi agenda kami sebagai dewan untuk mengusulkan. Ini menjadi prinsip sekali sudah menjadi kewenangan kami untuk meneruskan permintaan ini,” terang Politisi PAN tersebut.

Laporan : Rahmat R

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here