Diduga Hina Kapolri, Warga Kendari Dijebloskan ke Sel

oleh -114 views
Nu saat digelandang Unit Patroly Cyber Polda Sultra.
Nu saat digelandang Unit Patroly Cyber Polda Sultra.

ANOATIMES.ID, KENDARI – Seorang warga Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) berinisial Nu (28) diduga telah melakukan tindakan penghinaan terhadap Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian. Akibatnya Nu harus mempertanggug jawabkan perbuatannya dihadapan Institusi Polri.

Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Sunarto mengatakan pihaknya telah mengamankan seorang warga Jalan Anawai, Kecamatan Wuawua, Kota Kendari berinisial NU dengan dugaan telah menghina Kapolri dengan sebuah postingan di media sosial.

“NU diamankan atas dugaan pelanggaran UU ITE di Media Sosial FB dengan sebuah postingan yang diduga menghina Kapolri, Presiden dan sebuah partai,” ujar AKBP Sunarto SIK.

Sunarto menjelaskan penangkapan terhadap Nu bermula dari unit Patroly Ciber Subdit II Tipideksus Dit Reskrimsus yang menemukan akun Nu dengan memuat postingan dugaan penghinaan dan pencemaran nama baik.

“Berawal dari Patroli Cyber Minggu 4 Juni kemarin, dalam patroli tersebut ditemukan postingan seorang pria yang muatannya berisi penghinaan dan pencemaran nama baik terhadap Presiden, Kapolri, dan salah satu partai dan juga postingan yang dapat menimbulkan kebencian,” jelas Sunarto saat konfrensi pers, Selasa (6/6/2017) di Mapolda Sultra.

Lebih lanjut, Sunarto mengatakan setelah unit Patroly Cober menemukan akun Nu, tim lalu melacak tempat tinggal Nu, kemudian pada Senin (5/6/2017) sekitar pukul 17.00 Wita, dilakukan penangkapan terhadap Nu.

“Pukul 17.00 Wita, bertempat di kediaman Nu di Jalan Anawai, dilakukan penangkapan tehadap Nu. Penyidik masih akan melakukan sejumlah pemeriksaan termasuk oleh saksi ahli. Nu diancam hukuman 6 tahun dan denda sebesar Rp 1 milyar,” ungkap Sunarto.

Laporan : Awi