Diduga Tak Netral, Bawaslu Akan Rekomendasikan Kadis Pengelolaan Pajak dan Retribusi Wakatobi ke KASN

oleh
Ketua Bawaslu Wakatobi, La Ode Muhammad Arifin
  • 43
    Shares

ANOATIMES.ID, WAKATOBI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wakatobi akan merekomendasikan Kepala dinas (Kadis) Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Wakatobi, Samsul Bahri ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) RI. Rekomendasi Bawaslu tersebut berdasarkan hasil klarifikasi terhadap Samsul Bahri terkait dugaan pelanggaran Netralitas ASN pada Pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Wakatobi, La Ode Muhammad Arifin mengatakan proses di Bawaslu sudah selesai, dan rencananya Senin (25/3/2019) mendatang, Bawaslu akan mengirimkan Rekomendasi tersebut ke KASN.

“Hasil klarifikasinya nanti dikirim ke KASN di Kemenpan-RB, setelah itu dari hasil rekomendasi KASN akan disampaikan ke Bupati dalam hal ini sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian Kabupaten Wakatobi dan di tembusannya rekomendasi itu ke Bawaslu,” ujar La Ode Muhammad Arifin, Kamis (21/3/2019).

Ditempat yang sama, Kordinator Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, La Ode Januria melalui Bidang Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, La Ode Abdul Sofyan mengungkapkan Samsul Bahri dilaporkan warga pada tanggal 3 Maret 2019 lalu, dengan Nomor : 02/LP/PL/BAWASLU WAKATOBI/28.10/111/2019 selanjutnya dilakukan pemeriksaan klarifikasi terhadap terlapor oleh Bawaslu pada tanggal 18 Maret 2019.

“Pemanggilan terlapor untuk dimintai klarifikasinya itu sejak tanggal 15 namun tidak hadir, maka dilakukan pemanggilan kedua tanggal 18 kemarin, hasilnya memenuhi unsur, masuk dalam pelanggaran asas netralitas ASN,” ungkap Abdul Sofian.

Laporan : Syaiful