Dinkes Wakatobi: Cegah DBD dengan PHBS

oleh
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wakatobi, Muliaddin

ANOATIMES.ID, WAKATOBI – Demam Berdarat Dengue (DBD) merupakan penyakit yang kerap muncul disaat musimg penghujan. Jetik-jentik nyamuk Aedes Aegypti tumbuh berkembang biak di genangan-genangan air sisa hujan.

Untuk dapat mencegah penyebaran penyakit DBD salah satu tindakan yang harus dilakukan ialah dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wakatobi, Muliaddin menjelaskan langkan PBHS merupakan langsung yang sangat efektif terlebih lagi itu merupakan langkah pencegahan sehingga proses penyebaran bibit DBD dapat di cegah.

Baca Juga : Caleg DPRD Wakatobi Tewas Ditebas Teman Lama

“Penerapan PHBS ini sangatlah efektif dan mudah karena bisa dilkukan oleh siapa saja, dan tidak membutuhkan biaya, jika ini dilakukan dua kali atau sekali seminggu, sangatlah mengurangi potensi serangan DBD terutama pada musim hujan seperti sekarang ini,” terang Muliaddin, Kamis, (31/1).

Agar lebih optimal upaya pencegahan di masyarakat, Dinkes Wakatobi juga telah membentuk tim penanggulangan DBD ditingkat kelurahan dan Desa.

“Agar bisa mendorong upaya gerakan masyarakat dalam melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat,” jelasnya.

Laporan : Syaiful