Dishub Sultra Wacanakan Pemberlakuan Jalur Satu Arah di Titik Ini!!!

oleh -39 views

ANOATIMES,ID, KENDARI – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bertekad akan segera menerapankan jalan satu arah (one way street) di dua lokasi di Ibu Kota Provinsi Sultra, Kota Kendari.

Pemilihan kedua lokasi tersebut disinyalir selalu menjadi titik kemacetan yakni depan Mall Mandongan hingga Masjid Raya Al-Kautsar dan Pasar Sentral Wuawua hingga Jl, HEA Mokodompit.

Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina bahwa Rekayasa lalulintas satu arah ini dilakukan agar menghindari kemacetan jangka panjang pada dua titik pusat pembelanjan masyarakat tersebut.

“Jadi nanti masyarakat tidak berdesak-desakan lagi, hanya satu arah saja dan akan ada pengalihan khusus jalan di dua titik tersebut,” kata Hado di Kantor Gubernur Sultra, Kamis (15/6/2017).

Ketgam : Jalur yang rencannya akan dijadikan jalur satu arah.

Menurutnya, untuk jalur Mall Mandonga itu khusus dilintasi kendaraan yang menuju kota lama saja, tidak bolah dari kota lama dan puwatu melewati jalur tersebut, jadi solusinya mereka harus melewati pasar Lawata dan tembus ke Masjid Agung dan berputar mengarah Mall Mandonga.

Lanjut Hado, sementara untuk jalur Pasar Wuawua hanya akan digunakan untuk jalur menuju kampus saja.

“Dari arah kampus menuju Wua-Wua itu tidak bisa dilewati lagi, sebab akan melawan arus, jadi alternatifnya bisa lewat Anonduhu tembus bundaran tapak kuda, atau arah wanggu tembus Jl Bypass Lo Ode Hadi,” bebernya.

Ia mengaku semua hal tersebut dilakukan demi menghadari kemacetan dan untuk kepentingan masyarakat.

Untuk waktu percobaan satu arah tersebut, Hado mengaku akan dilakukan pada akhir pekan bulan Ramadhan ini.

Pelaksanaan one way street tersebut bekerjasama dengan pihak Dirlantas Polda Sultra, Satlantas Polres Kendari dan Dishub Kota Kendari.

“Kita coba dulu untuk beberapa waktu, sambil menunggu tanggapan masyarakat seperti apa terkait rekayasa lalu lintas tersebut,” tegas Hado.

Laporan : Rahmat R.