DKPP RI Copot Hayani Imbu dan Pecat Abdul Wahid Daming

oleh -49 views
Ilustrasi Pilwali Kendari. Sumber : google.co.id
Ilustrasi Pilwali Kendari. Sumber : google.co.id

ANOATIMES.ID, KENDARI – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI, Kamis (8/6/2017) melalui sidang putusan, memutuskan mencopot Hayani Imbu dari jabatannya sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari. Tidak hanya itu dalam sidang itu juga, DKPP RI memecat secara permanen Abdul Wahid Daming dari Komisioner KPU Kota Kendari.

Selain mencopot Hayani Imbu dari jabatannya dan memecat Abdul Wahid Daming, DKPP RI juga memberikan peringatan kepada Sekertaris KPU Kota Kendari, Muskam dan seorang staf KPU Hasriani.

Dalam sidang tersebut, DKPP RI menilai Hayani Imbu, Abdul Wahid Daming, Muskam dan Hasriani telah melanggar kode etik sebagai penyelenggaran Pilkada Kota Kendari 2017 lalu, dengan telah melakukan pertemuan dengan tim kampanye pasangan calon (paslon) wali kota Kendari yang berbeda.

Sehingga, Bawaslu Sultra melaporkan pelanggaran kode etik tersebut kepada DKPP RI.

Untuk Hayani Imbu, Abdul Wahid Daming dan Muskam melakukan pertemuan dengan tim paslon Adriatma Dwi Putra – Sulkarnain (ADP-SUL) di Rumah Jabatan Wali Kota Kendari. ADP merupakan anak dari Wali Kota Kendari ,Ir Asrun.

Sementara, Hasriani dilaporkan Bawaslu karena telah melakukan pertemuan dengan tim paslon Abdul Rasak-Haris Andi Surahman.

Laporan : Awi