Dua Belas Parpol Resmi Laporkan Bupati Kolaka Timur ke Bawaslu

0
1524
Dau Belas Parpol saat melaporkan Bupati Kolaka Timur, Tony Herbiansyah ke Bawaslu Koltim. Foto : Istimewa

ANOATIMES.ID, KENDARI – Merasa dirugikan dengan sikap Bupati Kolaka Timur (Koltim), Tony Herbiansyah, dua belas partai politik (parpol) melaporkan Tony Herbiansyah ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Koltim, Jumat (5/10). Rencannya tidak hanya melaporkan ke Bawaslu Koltim dan Sultra, laporan ini juga bakal di bawa hingga Bawaslu RI.

Dua belas parpol yang melaporkan antara lain, PKPI, PPP, PKS, PDIP, PAN, PKB, Hanura, Berkarya, Golkar, Gerindra, Perindo, dan Demokrat, ditambah caleg-caleg dari parpol tersebut. Mereka merasa geram dengan sikap orang nomor wahid di Kabupaten Koltim itu yang dalam sebuah video nampak mengarahkan ASN untuk memilih caleg Partai NasDem.

Baca Juga : Bawaslu Koltim : Pertemuan Dalam Video Bupati Koltim, Agenda Resmi Pemerintah

Taufik Sungkono (Caleg PPP) mengatakan Bupati Koltim diduga melanggar UU Nomor 7 Tahun 2007 pasal 282, terkait pejabat negara, struktural dan fungsional dilarang untuk menguntungkan salah satu perserta pemilu.

“Sebagai parpol peserta pemilu kita dirugikan secara materil sebab apabila kegiatan itu dilakukan Bupati dengan masif dan terstruktur di setiap pertemuan dengan ASN, tentu merugikan kami,” tutur Taufik, Jumat (5/10) saat dihubungi via seluler.

Menurutnya, sebagai seorang Bupati, seharunnya Tony Herbiansyah mampu menjadi pembina poltik bagi semua parpol yang ada di Kabupaten Koltim.

“Diakan harusnya memberikan contoh yang baik sebagai pebina poilitk di Koltim, seharusnya dia menyampaikan kepada masyarakat bahwa apapun partainya diberikan keleluasan masyarakat untuk memilih, namun dalam video itu hanya memilih dan memihak sala satu parpol saja,” ungkap Taufik.

Baca Juga : Bejat!!! Oknum Kades di Konkep Diduga Cabuli ‘Bunga’ Desanya

Senada dengan Taufik, pengurus Partai PAN Koltim, H Amiruddin yang juga merupakan caleg PAN, mengatakan Bawaslu sudah sangat jelas melarang adanya kampamnye di Kantor Pemerintahan, Masjid dan beberapa tempat lain. Sedangkan, lanjut Amirudin, pertemuan antara Bupati dan sejumlah ASN bertempat di Kantor Dinas Sosial.

“Disitu ada Wakil Bupati, Kadis Sosial, Camat dan beberapa ASN lainnya,” ungkapnya.

“Harapan kami agar Bawaslu dapat memberikan sanksi, sebab ini sudah sangat jelas dalam video itu. Kami komitmen apabila tidak ditindaki mendingan kami mencabut berkas di KPU, tidak usah ada caleg,” ungkapnya.

Ditempat berbeda, Ketua Bawaslu Koltim, Rusniiyati Nur Rakibe membenarkan bahwa sejumlah parpol sudah melaporkan Bupati Koltim, Tony Herbiansyah ke Bawaslu.

“Ia benar, sudah dilaporkan,” katanya

Laporan : Awi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here