Februari, La Sidale Masuk Persidangan

oleh -78 views
Barang bukti OTT Kejati Sultra terhadap Sekertaris Dinas Pendidikan Sultra, senilai Rp 425 juta.

ANOATIMES.ID, KENDARI – Pemeriksaan saksi-saksi dalam kasus operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra) La Sidale, sudah dituntaskan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendari.

Kepala Kejari Kendari Sopran Telaumbanua melalui Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Sofian Hadi, Senin (27/1), mengatakan jika pemberkasan sudah lengkap, diperkirakan bulan Februari tersangka (La Sidale, red) akan limpahkan ke penuntutan.

Baca Juga : Sekertaris Dinas Pendidikan Sultra Terjaring OTT

Sofian Hadi menyebutkan, ada 80 kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Sultra sudah diperiksa Kejari Kendari. “Ada 80 kepala SMK se-Sultra sudah kami mintai keterangannya terkait DAK (Dana Alokasi Khusus) SMK,” kata Sofian Hadi di ruangan kerjanya.

Sofian Hadi menjelaskan, 80 kepala SMK itu dimintai keterangan tentang apa yang mereka dengar, lihat dan alami saat bertemu La Sidale. Selain kepala SMK, Sofian Hadi mengatakan pihak internal Dinas Dikbud Sultra sudah terlebih dahulu diperiksa, diantaranya mantan Kadis Dikbud Sultra Damsid, bendahara DAK SMK dan Kepala Bidang SMK.

Ditanya apakah kemungkinan akan ada tersangka lain dari kasus OTT ini, Sofian Hadi mengatakan untuk mengarah tersangka lain, pihaknya masih harus mengumpulkan bukti dan keterangan saksi, karena sampai saat ini La Sidale tersangka tunggalnya.

“Karena dari pemeriksaan kami pada La Sidale bahwa uang itu ia digunakan untuk kepentingan pribadinya,” terangnya.

Ia menambahkan, ketika tersangka La Sidale di bawah ke meja hijau. Pastinya akan ada fakta terbaru yang terungkap. “Siapa tahu di penuntutan (pengadilan) terungkap ada fakta baru kasus ini,” ucapnya diplomatis.

Laporan : Jayusman