GenBI Bersih-bersih Pesisir Pulau Bokori

oleh -121 views
GNBI usai melaksanakan bersih-berasih Objek Wisata Pulau Bokori dan Bakti Sosial di Desa Sama Jaya, Kabupaten Konawe, Sultra. Foto : Jauhar / anoatimes.id

ANOATIMES.ID, KENDARI – Generasi Baru Indonesia (GenBI), Minggu (24/12/2017) menggelar aksi bersih-bersih di pesisir objek wisata Pulau Bokori, tepatnya di Desa Sama Jaya, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Tidak hanya melakukan pembersihan sepanjang pesisir objek Wisata andalan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), GenBI juga mengedukasi masyarakat setempat untuk dapat berprilaku bersih dan lebih pentingnya lagi, masyarakat di beri pengetahuan tentang membuat sampah yang tak bernilai menjadi bernilai ekonomis.

Dengan mengangkat tema “Dari Pesisir Kita Aplikasikan Lingkungan Bersih Indonesia Sehat” GenBI menggelar aksi bersih-bersih selama dua hari yakni pada 16 Desember dan 24 Desember 2017.

Ketua Panitia GenBI, Susilo Raharjo mengatakan aksi bersih-bersih ini di laksanakan secara serentak dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat pesisir khususnya Objek Wisata Pulau Bokori tentang pentingnya menjaga lingkungan dan memanfaatkan sambah yang tidak memiliki nilai ekonomis menjadi bernilai ekonomis.

Baca Juga : Kejari Muna Tetapkan Lima Tersangka dalam Kasus DAK Muna

“Sehingga ke depan, Desa Sama Jaya ini, bisa menjadi desa percontohan untuk seluruh desa di wilayah pesisir yang berdekatan dengan Pulau Bokori dalam hal menjaga lingkungan wisatanya,” harap Susilo Raharjo saat di temui anoatimes.id, di Desa Sama Jaya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Sama Jaya, Risal mengapresiasi tindakan GenBI yang menurutnya sangat positif.

“Saya bersama masyarakat berterima kasih kepada GNBI khususnya Bank Indonesia karna kegiatan ini dinilainya sangat bernilai positif untuk masyarakat diwilayah pesisir Wisata Pulau Bokori.

Adapun item kegiatan GenBI antara lain Sosialisasi, Pengelompokan dan pemanfaatan sampah, Bersih – bersih pesisir bersama warga, pembagian tong sampah, filterisasi air bersih, penanaman pohon, renovasi dermaga, dan Training of trainer.

Laporan : Jauhar