Harapan Ali Mazi dan Ilmiati Daud Pada HPSN di Wakatobi

oleh
Gubernur Sultra, H Ali Mazi dan Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud saat perayaan HPSN di Wakatobi.
  • 53
    Shares

ANOATIMES.ID, WAKATOBI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi dan Wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud punya Harapan yang sama Soal pagelaran Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Kabupaten Wakatobi.

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menegaskan, HPNS 2019 Tingkat Provinsi Sultra diharapkan mampu memberikan sebuah inovasi penggunaan plastik sehingga dapat mengurangi produksi penimbunan sampah plastik.

“Saya tegaskan perlunya kebijakan nyata untuk membuat suatu regulasi atau intruksi untuk mengelola dan membatasi penggunaan plastik dan mencegas terjadinya pencemaran lingkungan yang disebabkan sampah Plastik,” tegas Ali Mazi pada perayaan HPSN di Pantai Marina, Kabupaten Wakatobi, Minggu, (10/3).

Hal tersebut, dimaksudkan pula Wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud, bahwa penanganan sampah plasti butuh komitmen jelas, baik dari unsur pemerintah maupun masyarakat.

“Kalau kita melihat di daerah-daerah lain kan banyak pengelolaan sampah yang dijadikan sebagai kerajinan tangan dan dibikin bermanfaan, hal itulah yang kemudian dinas terkait harus pikirkan,” tutur Ilmiati Daud.

Kabupaten Wakatobi merupakan daerah yang 97 persenya adalah laut, selain menjadi salah satu Top Destinasi Pariwisata Nasional Wakatobi di kenal juga dengan jantung segitiga Karang Dunia yang sebagian besar biota laut dan jenis karang didunia terdatpan di dalamnya.

Dengan kekayaan laut yang melimpah, Ilmiati Daud berharap, Kabupaten Wakatobi bisa menjadi percontohan daerah lain, terutama di bidang pariwisata dan perikanan, karena daerah kawasannya sangat strategis dengan kedua leading sektor tersebut.

Untuk di ketahui selain dihadiri Gubernur Sulawesi Tenggara, HPSN tingkat Provinsi Sultra di Kabupaten Wakatobi, juga dihadiri oleh 17 Kepada daerah Kabupaten/Kota atau perwakilanya.

Laporan : Syaiful