Hari Bhayangkara ke-73, Polres Wakatobi Beri Penghargaan Bripka M Yussuf 

oleh
Ketgam : Bripka Muhammad Yusuf, Kapolres Wakatobi AKBP Disik Arfianto, Sik (tengah) dan Bripka Herman Arifin, SH

ANOATIMES.ID,WAKATOBI – Hari Bhayangkara Polri ke-73, Polres wakatobi memberikan penghargaan kepada Bripka Muhammad Yusuf atas kinerjanya sebagai Kepal Unit (Kanit) 1 Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).

Penghargaan tersebut diberikan lansung oleh Kapolres Wakatobi AKBP Didik Erfiano, Sik melalui Bupati disalah satu hotel di Wakatobi.

AKBP Didik Erfianto, Sik mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada Bripka Muhammad Yusuf sesuai Jastra Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) atas penyelesaian kasus tanpa tanpa melalui proses hukum peradilan, namun di selesaikan atas jerih payah Muhammad yusuf melalui penyelesaian secara kekeluargaan.

Selain mendapat penghargaan dari Polres, Bripka M Yusuf juga mendapat penghargaan dari Bupati Wakatobi, Arhawi

Brika Yusuf menuturkan, upaya yang dilakukanya untuk menyelesaikan persoalan dengan jalur kekeluargaan merupakan sebuah kerja keras yang menyita waktu dan pikiran serta membutuhkan kemampuan interaksi sosial yang nyaman kepada masyarakat.

“Kalau mau simple dan tidak mau repot sebenarnya tinggal buat Laporan Polisi (LP) dan selanjutnya diserahkan ke penyidik agar diperoses hukum, Palingan satu LP butuh waktu paling lama 1 jam sudah termasuk Surat Tanda Bukti laporan (STPL) dan pengantar Visum Et Revertum (VER). Bila dibandingkan dengan program Problem Solving (Penyelesaian kasus secara kekeluargaan) butuh waktu, tenaga, pikiran yang kadang memakan waktu hampir 24 jam lamanya baru selesai,” tuturnya, Selasa, (10/7).

Untuk itu, Kapolres Wakatobi mengatakan, sangat mengapresiasi prestasi dan kemampuan anggotanya, Bripka Muhammad Yusuf, yang menyelesaikan masalah tanpa harus berada dalam jeruji besi.

“Penghargaan ini saya berikan sebagai bentuk apresiasi atas prestasinya, dalam menangani atau mengfasilitasi konflik dengan jalur kekeluargaan tanpa menempuh jalur hukum,” ungkap Kapolres Wakatobi, AKBP Didik Erfianto, Sik,

Dari salah seorang warga Asrudin (42), yang diselesaikan persoalanya melalui jalur kekeluargaan oleh Bripka Yusuf, mengaku sangat berterimakasih atas penyelesaian tersebut karena kehilafannya tanpa melalui jalur peradilan.

Laporan : Syaiful