Ikut Tampilkan Silat Ewa Wuna, Rajiun : Silat ini Tradisi Masyarakat Suku Muna dan Harus Kita Jaga

oleh
Bupati Mubar, La Ode M Rajiun Tumada saat ikut menampilkan silat Ewa Wuna dalam acara silahturahmi dan pelantikan Garda BSB Tongkuno Raya, yang dilaksanakan di Kelurahan Danagoa, Kecamatan Tongkuno, Sabtu (20/7/2019). Foto : Dery / anoatimes.id

ANOATIMES.ID, MUNA – Bupati Muna Barat (Mubar) La Ode M Rajiun Tumada menggemparkan para masyarakat yang hadir dalam acara silahturahmi masyarakat Tongkuno Raya dengan ikut memampilkan langsung keahliannya Silat Ewa Wuna, yang dilaksanakan di Keluruhan Danagoa, Kecamatan Tongkuno, Sabtu (20/7/2019).

Saat tiba di Kecamatan Tongkuno tepatnya di rumah Amir Sulaeman Bolo di Kelurahan Danagoa, Bupati Mubar La Ode M Rajiun Tumada tiba dengan menggunakan motor trail. Turun dari motor yang menjadikan olahraga favoritnya itu, Rajiun di sambut dengan Silat Ewa Wuna dan langsung ikut menampilkan silat tersebut.

“Ewa Wuna ini adalah tradisi masyarakat Muna dan harus kita jaga bersama. Sebab, Ewa Muna ini sudah menjadi tradisi para leluhur kita, sebagai penjemputan tamu dan pelaksaan syukuran baik Muna dan Mubar,” kata mantan Kasatpol PP Sultra ini.

Menurutnya, Ewa Wuna ini adalah sebuah kreasi seni bela diri sebagai masyarakat suku Muna. Dan tradisi seperti ini harus di jaga dan dipertahankan untuk para penerus nanti.

“Untuk di Mubar, saya membentuk sebuah lembaga adat untuk menjaga adat dan budaya kita sebagai suku Muna. Selain itu, juga lembaga adat dapat menyelesaikan masalah yang terjadi baik di tingkat desa maupun kabupaten,” jelasnya.

Untuk itu, dirinya mengajak masyarakat Tongkuno Raya untuk bersama-sama menjada dan melestarikan adat dan budaya suku Muna.

Sementara itu, Amir Sulaeman Bola yang juga sebagai salah satu tokoh masyarakat di Tongkuno Raya mengucapkan banyak terima kasih banyak atas kehadiran Bupati Mubar La Ode M Rajiun Tumada dalam silahturahmi bersama masyarakat Tongkuno Raya. Mungkin, selama ini masyarakat Tongkuno Raya hanya mengenal namanya tetapi pada hari ini dapat bertatap muka langsung dengan beliau.

“Kita berharap dengan silahturahmi ini bukan cuman sekali ini saja dengan masyarakat Tongkuno Raya, tetapi kedepan kita dapat lebih mempererat tali silahturahmi dan persaudaraan sebagai masyarakat suku Muna. Saya tegaskan kehadiran bapak Rajiun di Tongkuno Raya sangat positif, agar kedepan dapat melihat kita punya kampung halaman ini,” tuturnya.

Kata Amir, La Ode M Rajiun Tumada ini adalah bagian dari keluarga masyarakat Tongkuno dan bukan orang lain. Dirinya berharap dapat memikirkan bagaimana Tongkuno ini bisa berkembang seperti yang terjadi di Mubar seperti sekarang ini.

“Kita mengucapkan terima kasi kepada pak Rajiun yang telah hadir di acara silahturahmi. Insyaallah tahun depan 2020 yakni di Bulan Ramadan kita akan melakukan lagi acara silahturahmi dan masyarakat yang hadir lebih banyak lagi,” ucapnya.

Laporan : Dery