Imigrasi Kendari Bentuk Tim Pora Awasi Orang Asing di Konkep

0
99
Rapat Pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Kabupaten Konawe Kepulauan, Kamis (19/7), di salah satu hotel di kota Kendari.

ANOATIMES.ID.KENDARI – Untuk mengawasi keberadaan orang asing di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Kantor Imigrasi Kelas I Kendari membentuk tim pengawas orang (Pora) asing di tingkat kecamatan se-Konkep.

“Tim Pora diharapkan dapat terjalin kerjasama, komunikasi dan kekompakan antar instasi dalam menciptakan wilayah kabupaten Konawe Kepulauan yang kondusif bagi dari keberadaan dan kegiatan orang asing yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ucap Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Kendari, Drs. Adhar, MH, dalam Rapat Pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Kabupaten Konawe Kepulauan, Kamis (19/7), di salah satu hotel di kota Kendari.

Ia mencontohkan potensi lokasi wisata pantai Kampa dan air terjun Tumburano di Konkep, bisa mendatangkan wisatawan dari luar negeri. Kedatangan mereka perlu diawasi agar kedatangannya untuk berwisata bukan untuk tujuan lain.

Adhar mengatakan, pembentukan tim Pora di tingkat kecamatan adalah implementasi dark peraturan Menteri Hukum dan HAM (MenkumHAM) nomor 50 tahun 2016 tentang Tim Pengawasan Orang Asing.

“Jadi sekarang untuk pengawasan orang asing kita bentuk sampai ke lini paling bawah di tingkat kecamatan, karena titik ini paling menyentuh ke masyarakat,” terangnya.

Dikatakannya, tim Pora mengawasi orang asing berdasarkan informasi laporan masyarakat, patut diduga melakukan pelanggaran keimigrasian, kesusilaan, ketertiban umum atau orang asing melakukan kegiatan tidak sesuai dengan perizinan yang dimiliki.

“Lokasi pengawasan tim Pora diantaranya hotel, perusahaan atau lokasi pabrik yang pekerjakan orang asing, rumah ditempati orang asing, dan tempat-tempat merupakan konsentrasi keberadaan orang asing,” tuturnya.

Laporan : Jayusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here