Inspektorat Konkep Sarankan Bupati Non Jobkan Tiga Kades

oleh

ANOATIMES.ID, KONKEP – Sikap acuh tiga kepala desa di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) yaitu Kepala Desa Langara Iwawo, Kepala Desa Wawolaa dan dan Kepala Desa Pesue yang tidak menyetorkan laporan pertanggung jawaban penggunaan Dana Desa tahun 2018 berbuntut pada tidak dicairkannya Dana Desa di tahun 2019 ini.

Atas sikap tersebut, Inspektorat Konkep menyarankan kepada bupati untuk menonjobkan tiga kades tersebut.

“Dari hasil audit kami, ada kerugian negara sekitar ratusan juta rupiah yang diakibatkan ke tiga desa tersebut. Mereka (tiga kepala desa) ini tidak mempunyai niatan baik, sehingga kami berikan solusi agar mereka di non aktifkan saja dulu,” kata Muhamad Yakub Taorima, saat dijumpai di ruang kerjanya, Selasa (13/5/2019).

Selain persoalan tiga desa tersebut, saat ini Inspektorat juga telah menerima aduan dari masyarkat Desa Waworope, Kecamatan Wawonii Utara, yang melaporkan kepala desanya terkait dugaan penyalagunaan dana desa.

“Iya baru saja saya terima aduan dari masyarakat yang melaporkan kadesnya, namun kita akan panggil dan kita klarifikasi dulu kadesnya,” ungkap Yakub Taorima.

Setelah melakukan klarifikasi terkait dugaan tersebut, tim uadit akan langsung melakukan pensus, dan audit terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan kepala desa tersebut.

Laporan : Jovi