Jelang Lebaran, Ini Hasil Sidak TPID Sultra di Pasar Basah Kendari

oleh -51 views
sidak pasar kendari
TPID Sultra saat melakukan pengecekan harga barang di pasar samping Mall Basah Kendari. Foto : Rahmat

ANOATIMES.ID, KENDARI – Tim Pengendali Inflansi Daerah (TPID) Sulawesi Tenggara (Sultra) jelang lebaran idul fitri 1438/2017 mencoba melakukan inpeksi dadakan (Sidak) di beberapa tempat di Kota Kendari.

Adapun tempat-tempat yang dituju oleh TPID adalah Pasar Basah Kendari, gudang Bulog Sultra, Gudang Sembako Bypass, distributor barang Pelabuhan Nusantara dan Hypermart Lippo Plaza Kendari.

Hal tersebut dilakukan agar mengetahui ketersediaan sembako dan pangan selaku kebutuhan utama masyarakat selama bulan puasa hingga lebaran mendatang.

Ketua TPID Sultra, Lukman Abunawas mengatakan jika hasil sidak tersebut cukup memuaskan walaupaun ada kenaikan harga sayur.

“Inikan kegiatan tahunan, kita lihat dipasaran itu rata-rata ada kenaikan harga, terutama sayuran,” katanya saat melakukan sidak di Pasar Basah, Jumat (09/06/2017).

Ia juga mengatakan, kenaikan harga barang ini disebabkan oleh musim hujan. Sekda Provinsi Sultra ini mempredeksi untuk kenaikan harga masih akan terjadi terutama semiggu jelang lebaran.

TPID juga belum bisa mengantisipasi kenaikan harga tersebut, namun ada sebagian penyediaan sembako yang bekerja sama dengan Bulog seperti gula bisa memberikan harga yang cukup.

Untuk ketersiadaan sembako di Kendari, menurut mantan Bupati Konawe dua periode ini semuanya bisa mencukupi kebutuhan masyarakat hingga hari H lebaran nanti.

“Masalah kenaikan harga ini kita tidak bisa pungkiri karena hujan, hasil sayur terendam banjir. Namun kenaikan harga ini masih bisa ditolerir sebab tidak sampai pada angka yang tinggi,” pungkasnya.

Laporan : Rahmat R.