Kabag Hukum Pemkot Kendari: Pasar PT Kurnia Sulawesi Karyatama Ilegal

0
781
Kepala Bagian Hukum Pemerintah Kota Kendari, La Ode Syain Kadir.

ANOATIMES.ID, KENDARI – Ada apa dengan Pemerintah Kota Kendari. Pasar yang dikelola PT Kurnia Sulawesi Karyatama di seputaran Pasar Panjang tidak ditertibkan padahal status hukum pasar tersebut ilegal.

Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemerintah Kota Kendari, La Ode Syain Kadir yang ditemui diruang kerjanya, Kamis (19/7) membenarkan bahwa pasar PT Kurnia Sulawesi Karyatama milik Djamalianingsi (Bu Lilis) tidak memiliki kekuatan hukum atau ilegal.

Terlebih lagi, kawasan tersebut bukanlah kawasan peruntukan pasar sebagaimana yang telah di atur dalam tata ruang wilayah.

“Melanggar tata ruang wilayah, bukan peruntukan pasar, serta tidak memiliki izin, harus di tertibkan,” jelasnya.

Menyangkut dugaan tebang pilih dalam penertiban yang dilakukan Sat Pol Pp, Rabu (18/7) kemarin, La Ode Syain Kadir tidak ingin memberikan komentar sebab itu ranah dari Sat Pol Pp.

“Itu persolan tehnis, silahkan ke Sat Pol Pp,” katanya.

Namun, kata La Ode Syain Kadir, penertiban haruslah dilaksanakan secara adil yang mana setiap bangunan yang melanggar harus di tertibkan tanpa adanya tebang pilih.

“Perda berlaku umum, yang melanggar harus ditertibkan,” tambahnya.

Untuk diketahui, Pemkot Kendari telah melakukan penertiban terhadap pedagang yang berjualan di Pasar Panjang dengan cara merobohkan bangunan pedagang menggunakan excavator, sedangkan kios-kios yang berdiri lahan PT Kurnia Sulawesi Karyatama tidak tersentuh petugas penertiban.

Laporan : Awi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here