Kabulkan Banding JPU, Pengadilan Tinggi Nyatakan Dua Caleg PKS Bersalah

oleh
Humas Pengadilan Tinggi Sultra, Bambang Kusmunandar

ANOATIMES.ID, KENDARI – Pengadilan Tinggi Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima banding Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendari atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Kendari yang memvonis bebas dua caleg PKS yaitu Sulkhani dan Riki Fajar. Sebelumnya, oleh JPU Kejari Kendari, Sulkhani (Caleg DPRD Provinsi dapil Kendari) dan Riki Fajar (Caleg DPRD Kendari dapil Kambu Baruga) di tuntut 3 bulan kurungan dan denda Rp 5 juta.

Humas Pengadilan Tiinggi Sultra, Bambang Kusmunandar kepada anoatimes.id mengatakan ke dua caleg PKS itu telah diputus pada 15 Mei 2019. Dalam putusannya, Pengadilan Tinggi membatalkan keputusan PN Kendari. “Menyatakan para terdakwa (Sulkhani dan RIki Fajar) terbukti secara sah dan menyakini bersalah melakukan tindak pidana pemilu, melakukan kegiatan berkampanye menyertakan ASN,” ujar Bambang Kusmunandar, Kamis (16/5/2019).

Lebih lanjut, Bambang menambahkan dua terdakwa dijatuhi pidana kurungan masing – masing dua bulan dengan denda masing – masing Rp 5 juta subsider 1 bulan kurungan. “Putusan tingkat banding untuk pelanggaran pemilu tidak bisa diajukan kasasi,” tutupnya.

Laporan : Jayusman