Kemendagri Pertanyakan Mengapa 7 Mantan Aleg yang Mundur di Wakatobi Masih Terima Gaji

oleh -101 views
Kepala Bidang Otonomi Daerah Biro Administrasi Pemerintahan Sulawesi Tenggara (Sultra), Tommy Indra Sukiadi

ANOATIMES.ID, KENDARI – Persoalan mundurnya 7 mantan anggota DPRD Kabupaten Wakatobi yang pindah partai dan mencalonkan diri kembali pada Pileg 2019 namun masih menerima gaji kini sudah sampai ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Bahkan pihak Kemendagri mempertanyakan mengapa ke tujuh mantan anggota DPRD tersebut masih menerima gaji.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Otonomi Daerah Biro Administrasi Pemerintahan Sulawesi Tenggara (Sultra), Tommy Indra Sukiadi saat dijumpai awak media anoatimes.id, Jumat (4/1) di ruang kerjanya.

Baca Juga : Proses PAW 7 Aleg Wakatobi Terkesan Mandek, Bawaslu Sarankan Parpol Gugat ke Pengadilan

“Ke tujuh mantan anggota DPRD Wakatobi yang mengundurkan diri tapi masih menerima gaji, memang dipertanyakan pihak kementerian dalam negeri,” ucapnya.

Tomy Indra Sukiadi menjelaskan seharusnya ke tujuh mantan anggota DPRD tersebut sudah tidak bisa lagi menerima hak-hak mereka sebagai dewan. Hal yang sama juga sebelumnya sudah disampaikan Kepala Pusat Penerangan (Puspen) Kemendagri, Bahtiar yakni apabila seorang yang sudah pindah partai kemudian kembali mencalonkan lagi dan sudah ditetapkan kedalam Daftar Calon Tetap (DCT) maka sudah tidak miliki hak lagi atas keuangan sebagai anggota dewan.

“Itu sudah jelas aturannya. Jadi yang bersangkutan jika sudah pindah partai dan maju sebagai calon lagi maka pada tanggal ditetapkan sebagai DCT yaitu 21 September lalu sudah tidak punya hak lagi atas keuangan sebagai anggota dewan. Dan jika masih mendapatkan (hak-hak dewan) itu tentu saja tidak halal dan bisa menjadi temuan BPK karena bukan haknya lagi,” kata Bahtiar.

Lanjut Tomy Indra Sukiadi menambahkan pihak Pemerintah Provinsi juga merasa heran mengapa 7 mantan dewan masih menerima hak-hak sebagai dewan.

“Alangkah baiknya mereka (tujuh mantan anggota DPRD Wakatobi) secara etis janganlah menerima gaji kalau sudah mengundurkan diri,” imbuhnya.

Laporan : Jayusman
Editor : Awi