Kemenkes Tugaskan 35 Tenaga Nusantara Sehat di Muna Barat

oleh
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muna Barat (Mubar), Hidayat

ANOATIMES.ID, MUBAR – Sebanyak 35 tenaga kesehatan dari Nusantara Sehat Tim (NST) dan Nusantara Sehat Individual (NSI) program Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI ditugaskan di Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dari 35 tenaga medis ini ditugaskan di Mubar terbagi menjadi dua tim yakni 14 orang Nusantara Sehat Tim (NST) dan 21 orang Nusantara Sehat Individu (NSI).

Kepala Dinas Kesetahan Mubar, Hidayat mengatakan untuk tenaga kesehatan yang dimaksud NST itu yakni mereka ditempatkan satu tim dalam satu puskesmas, seperti 14 orang ini mereka dibagi menjadi dua kelompak diantaranya satu tim di Puskesmas Tondasi, Kecamatan Tiworo Utara sebanyak tujuh orang dan satu tim di Puskesmas Pajala, Kecamatan Maginti sebanyak tujuh orang dan mulai bertugas 17 November 2018 yang lalu.

“Untuk tahap pertama NST yang tiba terdiri satu tenaga dokter, satu bidan, satu perawat, dua orang ahli gizi, dua tenaga kesehatan masyarakat (kesmas), kesehatan lingkungan (kesling) dua orang, dua orang analis laboratorium dan dua tenaga farmasi. Mereka dibagi dalam dua tim dengan masing-masing tujuh orang dalam satu tim,” kata Hidayat saat ditemui dikantornya, Rabu, (15/5/2019).

Sementara, untuk Nusantara Sehat Individual (NSI) ada dua tahap yakni untuk tahap pertama bulan 1 Februari 2019 berjumlah 11 orang dan tahap kedua bulan April 2019 sesuai yang ada di SK tugasnya berjumlah 10 orang. Lanjut dia, untuk penempatan mereka ini di sebar di seluruh puskesmas dan dalam satu puskesmas itu ada yang dua orang ataupun satu orang.

“Untuk NSI ini ada satu orang tenaga dokter dan ditempatkan di Puskesmas Pajala. Sementara yang lainnya tenaga analis laboratorium, gizi, kesling, farmasi, dan perawat,” jelasnya.

Kata Hidayat, dengan hadirnya tenaga kesehatan dari Nusantara Sehat (NS) ini sangat membantu tentang peningkatan puskesmas yang ditugaskan seperti membantu persiapan akreditasi. Selain itu, memberikan kontribusi yang lebih terhadap kesehatan masyarakat sesuai tugasnya masing-masing.

“Saya berharap dengan adanya tenaga kesehatan dari NS ini dapat meningkatkan pelayanan masyarakat agar lebih prima. Selain itu, dapat memenuhi tenaga kesehatan yang diharapkan di setiap puskesmas. Sebab, seperti tenaga analis ini di Mubar masih sangat kurang,” ucapnya.

Adapun beberapa puskesmas yang ditempatkan tenaga kesehatan NS ini yakni puskesmas Pajala, puskesmas Tondasi, puskesmas Tiworo Tengan, puskesmas Tikep, puskesmas Tiworo Selatan, puskesmas Lawa, puskesmas Lailangga, puskesmas Marobea, puskesmas Wuna, puskesmas Kumbikuno, dan puskesmas Guali.

Untuk diketahui, dari jumlah 35 orang tenaga Nusantara Sehat (NS) yang ditempatkan di Mubar, satu orang mengundurkan diri dikarenakan lolos dalam seleksi CPNS. Jadi jumlah total tenaga kesehatan NS yang ada di Mubar berjumlah 34 org yang terdiri dari NST dan NSI.

 

Laporan : Kardono