KPU Provinsi Laksanakan Bimtek Terhadap Seluruh KPU Kabupaten dan Kota Se-Sultra

oleh
  • 10
    Shares

ANOATIMES.ID, KENDARI – Jelang pemungutan suara pada 17 April 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara, Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara, Penetapan Perolehan Suara dan Calon Terpilih serta Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (SITUNG) pada Pemilu 2019.

Bimtek dilaksanakan di salah satu hotel di Kendari, selama empat (4) hari sejak tanggal 1 – 4 Maret 2019, dan di ikuti oleh seluruh KPU Kabupaten dan Kota Se-Sultra dari bidang Divisi Teknis Penyelenggara, Kasubag Teknis/Koordinator SITUNG dan Operator SITUNG.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir menyampaikan Bimtek yang dilaksanakan ini sangatlah penting bagi KPU dalam mempersiapkan pelaksanaan tahapan Pemungutan Suara, 17 April 2019 mendatang.

“Sebagai ujung tombak di hari pemungutan suara, Divisi Teknis akan menjadi Divisi yang sangat sibuk kedepannya, sehingga divisi teknis perlu mempersiapkan diri baik itu dari segi pengetahuan, kesehatan fisik dan mental,” ujar La Ode Abdul Natsir saat membuka Bimtek.

Dalam Bimtek yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Sultra, KPU RI melalui Biro tekhnis turut dilibatkan pada hari terkahir Bimtek dengan membawakan materi Penggunaan Aplikasi SITUNG.

Dalam Bimtek ini juga, para peserta diberikan pemahaman terkait pemungutan dan penghitungan suara, rekapitulasi penghitungan suara disetiap jenjang, konversi suara menjadi kursi, penetapan perolehan kursi dan penetapan calon, suara sah dan tidak sah, serta proses pengepakan logistik.

Laporan : Awi