KPU RI Tunjuk KPU Sultra Laksanakan Bimtek Terpadu Nasional

0
459
Ketua KPU Sultra, Hidayatullah
Ketua KPU Sultra, Hidayatullah

ANOATIMES.ID, KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menunjuk KPU Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Terpadu Nasional, dalam rangka menghadapi Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) serentak 2018 mendatang.

Ketua KPU Provinsi Sultra, Hidayatullah mengatakan pelaksanaan Bimtek Tepadu Nasional gelombang I ini akan dilaksanakan di Kota Kendari selama 4 hari sejak 12 hingga 15 Oktober 2017 di Hotel Clarion Kendari.

“Kami belum tahu apa alasan KPU RI menunjuk KPU Sultra sebagai tuan rumah. Kami hanya melaksanakan perintah sesuai surat Ketua KPU RI No. 501 dan 504 tgl 28 september 2017 kepada KPU Sultra untuk menfasilitasi pelaksanaan Bimtek terpadu pilkada serentak 2018 tersebut,” ujar Hidayatullah via seluler, Rabu (11/10/2017).

Baca Juga : PT WIL Kolaka Diduga Menambang di Luar IUP

Dalam Bimtek terpadu Nasional ini, lanjut Hidayatullah mengungkapkan akan diikuti oleh ratusan peserta diantaranya 9 KPU Provinsi dan 97 KPU Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2018 mendatang. Pembukaan acara Kegiatan Bimtek Terpadu Nasional ini dilaksanakan Kamis (12/10/2017) pukul 19.30 Wita malam bertempat di Ball Room Hotel Clarion.

“Pembukaan dan kegiatan akan dihadiri langsung 6 (enam) Komisioner KPU RI serta pihak Kesekjenan KPU RI, Komisi II DPR RI, Bawaslu RI, DKPP RI, Komisi Informasi, PPUA Penca. Pada acara Pembukaan akan dibuka dengan resmi Ketua KPU RI,” beber mantan Ketua KNPI Sultra tersebut.

Ia juga mengatakan pelaksanaan Bimtek Terpadu Nasional Gelombang 1 ini akan membahas agenda kerja tahapan pilkada serentak 2018 baik Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur dan juga Pemilihan Bupati, Wakil Bupati serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018 berkaitan dengan Tahapan Pilkada 2018.

Baca Juga : Perawat Honorer Menuntut Upah Layak, ADP Menjawab

Selain itu akan ada juga pembahasan terkait pemutakhiran data pemilih, pembentukan Badan Ad hoc, pengawasan tahapan pemutakhiran data pemilih, pencalonan, sengketa, pelaporan harta kekayaan, dan proses pemeriksaan kesehatan calon Kepala Dearrah (Kada) dan Wakil Kepala Daerah (wakada).

“banyak hal yang akan dibahas diantaranya juga adalah pengawasan tahapan pencalonan dan pelaksanaan peradilan pilkada, pelaksanaan kampanye pilkada, pelaporan dana kampanye, norma-standar-prosedur kebutuhan dan pendistribusian perlengkapan pilkada, serta pengawasan tahapan kampanye dan pelaporan dana kampanye,” ungkap pria yang akrab disapa Dayat ini.

Untuk diketahui adapun peserta yang akan mengikuti Bimtek Terpadu Nasional antara lain :

1) KPU Provinsi Papua beserta 29 KPU Kabupaten/Kota.
2) KPU Provinsi Maluku beserta 11 KPU Kabupaten/Kota.
3) KPU Provibsi Maluku Utara beserta 10 KPU Kabupaten/Kota.
4) KPU Provinsi Sulawesi Barat beserta 2 KPU Kabupaten/Kota.
5) KPU Provinsi Gorontalo beserta 2 KPU Kabupaten/Kota.
6) KPU Provinsi Sulawesi Selatan beserta 24 KPU Kabulaten/Kota.
7) KPU Provinsi Sulawesi Utara beserta 6 KPU Kabupaten/Kota.
8) KPU Provinsi Sulawesi Tengah beserta 3 KPU Kabupaten, serta
9) KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat beserta 10 KPU Kabupaten/Kota.

 

Laporan : Rahmat R

Editor : Awi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here