KPU Sultra Gelar Bimtek Penetapan Caleg Terpilih pada Pemilu 2019

oleh
Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir saat memberikan sambutan sekaligus membuka pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) penetapan calon anggota legislatif terpilih pada Pemilu 2019. Bimtek dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Kendari, Kamis (11/4/2019). Foto : Halimah Paijon/anoatimes.id
  • 13
    Shares

ANOATIMES.ID, KENDARI – Jelang penyelenggaraan Pemilu 2019 yang terhitung kurang dari 6 hari lagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar bimbingan teknis (bimtek) terkait penetapan calon anggota legislatif (caleg) DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota terpilih pada Pemilu 2019.

Bimtek dilaksanakan, Kamis (11/4/2019) di salah satu hotel di Kota Kendari dihadiri peserta pemilu yakni partai politik dan serta LO dari masing-masing calon legislatif.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir mengatakan tolak ukur keberhasilan Pemilu ialah tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya.

“Yang menjadi tolak ukur keberhasilan pemilu adalah tingkat partisipasi masyarakat dalam dalam menggunakan hak pilihnya,” kata La Ode Abdul Natsir dalam sambutannya.

“Hasil perhitungan suara merupakan mahkotanya pemilu, dengan anggota legislatif terpilih sebagai ratu dan raja,” tuturnya.

Sementara itu, Koordinator divisi teknis penyelenggaraan, Iwan Rompo Banne menambahkan bahwa bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang metode Sainte Lague atau perolehan suara sah Parpol dibagi dengan bilangan bagi ganjil yaitu 1, 3, 5, 7 dan seterusnya.

“Jadi Parpol peraih hasil bagi peringkat 1, 2, 3 dan seterusnya, memperoleh kursi sesuai alokasi kursi di dapil yang bersangkutan. Kita juga berikan penjelasan tentang penetapan calon terpilih anggota DPRD,” ungkapnya.

Laporan : Halima Paijon