KPU Sultra Sosialisasikan Tata Cara Pencalonan Pilgub Jalur Perorangan

oleh -34 views
Ketua KPU Sultra Hidayatullah didampingi komisioner KPU Sultra saat melakukan sosialisasi tata cara percalonan Pilgub jalur perorangan. Foto : Awi

ANOATIMES.ID, KENDARI – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mensosialisasikan tata cara pencalonan bakal pasangan calon perseorangan pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2018, Rabu (20/9/2017) di Hotel Clarion Kendari.

Sosialisasi dibuka langsung oleh Ketua KPUD Sultra Hidayatullah dan turut hadir sejumlah Organisasi Kepemudaan (OKP), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan calon pendaftar perorangan Andre Darmawan.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah mengatakan KPU telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir hasil pemilu terakhir dari 17 Kab/Kota sebesar 1. 708.249. Jumlah DPT tersebut sebagai dasar penetapan syarat minimal jumlah dukungan dan persebaran dukungan bakal Calon perseorangan dalam Pilgub Sultra tahun 2018.

“Hasil penetapan Daftar Pemilih tetap tersebut telah disampaikan kepada Bawaslu Prov. Sultra,” ujar Hidayatullah.

“Kepada masyarakat yang maju sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur melalui jalur perseorangan harus patuh pada ketentuan dan peraturan yang telah ditetapkan,” katanya.

Lanjutnya, Hidayatullah menjelaskan penyerahan dukungan perseorangan kepada KPU pada tanggal 26 November 2017. Usai penyerahan syarat dukungan KPU akan melakukan verifikasi dilapangan.

“Dalam proses verifikasi dilapangan terhadap jumlah dukungan perseorangan akan dilakukan sensus oleh petugas PPK dan PPS,” ungkapnya.

“Untuk syarat dukungan perorangan paling sedikit didukung oleh 10% dalam DPT pada pemilu terakhir yaitu 10/100 x 1.708.249 = 170.824,9 atau dibulatkan menjadi 170.825. Selain itu persebaran dukungan bakal calon perseorangan minimal tersebar di lebih 50% jumlah Kab/Kota yaitu 50/100 x 17 = 8,5 atau dibulatkan menjadi 9 Kab/Kota di Sultra,” tutupnya.

Laporan : Awi