Kuota CPNS Buton Selatan Sebanyak 430, Ini Formasinya !

0
2940
Plt Badan Kepegawain dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) Buton Selatan, La Ode Firman.

ANOATIMES.ID, BUTON SELATAN – Pemerintah Kabupaten Buton Selatan melalui Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) sebelumnya mengusulkan kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 600 ke Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI. Namun rupanya Kemenpan-RB hanya memberikan kuota CPNS untuk Kabupaten Buton Selatan di tahun 2018 ini sebanyak 430.

Plt Kepala BKP-SDM Buton Selatan, La Ode Firman mengatakan jumlah kuota tersebut berdasarkan keputusan Kemenpan-RB No 485 tahun 2018. Dengan formasi umum dari tiga kategori, yakni Tenaga guru, Tenaga Kesehatan, dan Tenaga Teknis.

Baca Juga : Pemda Buton Butuh 3 Ribu PNS pada 2018 Mendatang

“Tenaga Guru 271, Tenaga Kesehatan 90 dan Tenaga teknis lainnya 60 orang sehinnga secara keseluruhan berjumlah 430 kuota,” kata La Ode Firman, Senin (10/09) di Kantor Sekretariat Buton Selatan.

Lanjutnya, pelaksaan seleksi CPNS dilakukan secara online melalui portal Badan Kepegawaian Daerah (BKN), sehingga seluruh masyarakat dapat masuk melalui portal BKN untuk melakukan pendaftaran.

“Pelaksaan seleksi ada agenda tersendiri setelah ada proses pendaftran secara nasional. Segala bentuk persayaratan telah diatur dalam PP 11 2017, namun secara teknis karena ini menyangkut online, seluruh pelamar bisa membuka portal SSCNBKN.co.id,” tuturnya.

Dalam pelaksanaan tes nantinya, lanjut La Ode Firman menjelaskan pemerintah Buton Selatan menyiapkan gedung pelaksanaan seleksi, peralatan komputer, pengawas dan pengamanan, dan hal-hal teknis, namun untuk IT tenaga teknisnya langsung dari BKN.

“Untuk kesiapan daerah sendiri sudah dalam sisi penganggaran, Buton Selatan sudah melaksanakan penganggaran secara normatif, sebagaimana rancangan kuota yang ada dan tentu ini masih dalam proses perbaikan-perbaikan untuk menyesuaikan dengan kuota sekarang,” tambahnya.

Untuk diketahui, Kemenpan-RB menetapkan kuota CPNS untuk Buton Selatan sebanyak 428 namun dalam lampiran rekapitulasi sebanyak 430 orang.

“Perbedaan ini akan dikonsultasikan kembali ke Kemenpan-Rb. Perbedaan ini tidak mempengaruhi proses,” tutupnya.

Laporan : Jumdin
Editor : Awi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here