Lanal Kendari Gelar Pelatihan SAR

oleh
Salah satu korban kecelakaan KM Permata dalam simulasi pelatihan SAR oleh Lanal Kendari.

ANOATIMES.ID, KENDARI – TNI Angkatan Laut (AL) Pangkalan Kendari menggelar pelatihan Search And Rescue (SAR), Jumat (03/5/2019). Dalam pelatihan SAR yang diikuti oleh Tim Reaksi Cepat Medis disimulasikan dengan kejadian adanya kecelakaan Kapal Motor (KM) Permata di perairan wawonii.

Semula, kecelakaan KM Permata dilaporkan oleh
Komandan Posmat Wawonii kepada Perwira Jaga (PAGA) Mako Lanal Kendari yang kemudian oleh PAGA dilaporkan ke Komandan Lanal Kendari, Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna selaku Dansatgas Tim Reaksi Cepat Medis Evakuasi Laut Lanal Kendari.

Ia pun segera memerintahkan Pasops selaku Perwira Pelaksana untuk segera menggerakan Tim Reaksi Cepat Medis Lanal Kendari dan unsur Kal Labengki, Sea Rider, satu Mobil Ambulance dan satu mobil truk serta personil Lanal Kendari yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat segera menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan SAR dan memberikan pertolongan serta mengevakuasi korban dari Anak Buah Kapal (ABK) KM. Permata yang mengalami kebakaran.

Setiba di lokasi, Tim Reaksi cepat Medis Lanal Kendari dibawah pimpinan Mayor Laut (K/W) Herlin Hestiowati, A.Md langsung memberikan pertolong terhadap para korban.

Korban pun langsung evakuasi menggunakan Sea Rider dibawa menuju Posko Medis, selanjut korban dievakuasi dengan mobil Ambulance didampingi Tim Medis ke Balai Kesehatan Lanal Kendari untuk dilaksanakan penanganan perawatan medis lebih lanjut.

Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna mengatakan pelatihan SAR ini juga dalam rangka kesiap siagaan terhadap kecelakaan di Laut terutama dalam bulan suci Ramdhan dan hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019.

Laporan : Awi