Lapangan Wamelai Jadi Pusat Salat Ied di Mubar

oleh
La Karimu

ANOATIMES.ID, MUBAR – Setiap tahunnya, lokasi pelaksanaan Salat Ied di Kabupaten Muna Barat (Mubar) Kerap dipindahkan. Bila tahun 2018 lalu, pelaksanan Salat Ied 1439 dilaksanakan di Desa Marobea, Kecamatan Sawerigadi, maka tahun ini Pemerintah Mubar memusatkan Salah Ied 1440 H di Lapangan Wamelai, Kelurahan Wamelai, Kecamatan Lawa.

Hal itu disampaikan oleh Kasubag Kesra Pemda Mubar, La Karimu. “Insya Allah pelaksanaan Salat Idul Fitri 1440 H kita pusatkan di lapangan Kelurahan Wamelai, Kecamatan Lawa,” ujar La Karimu, Rabu (4/6/2019) via seluler.

Menurutnya, dengan pelaksanaanya yang berpindah – pindah, membuat kesempatan kepada seluruh masyarakat dapat salat bersama pemerintah sebab tidak monoton pelaksanaan di satu wilayah saja, serta mendekatkan pemimpin dengan masyarakat. “Kenapa setiap tahun kita pindahkan lokasi salat karena keinginan Bupati Mubar, La Ode M Rajiun Tumada yang ingin mendekatkan dirinya dengan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Namun, bagi warga yang tidak dapat melaksanakan Salat Ied di Lapangan Wamelai, dapat juga melaksanakannya di 11 kecamatan lainnya.

“Bisa juga melaksanakan salat Ied di 11 kecamatan atau desa yang juga menjadi lokasi Salat Ied. Serta masjid terdekat,” katanya.

La Karimu menambahkan bahwa, di akhir puasa pemerintah bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bakal menggelar buka bersama, dan selanjutnya melaksanakan salat berjamaah.

“Nantinya akan di tutup dengan takbir keliling. Bupati yang akan melepas pelaksanaan takbir keliling,” ungkapnya.

Laporan : Kardono